Mohon tunggu...
Rika Andriani
Rika Andriani Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika SMaA

Ibu dari dua orang gadis yang berprofesi sebagai guru matematika. Senang mencoba hal baru. Hobi masak, baking, berkebun dan bereksperimen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SMAN 15 Bandung, Sekolah dengan Lingkungan Asri, Ramah Anak dan Segudang Prestasi

15 Mei 2022   15:36 Diperbarui: 20 Mei 2022   11:21 170 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SMAN 15 Bandung adalah sekolah dengan lingkungan yang asri, berada di tengah pemukiman warga di kompleks Sarijadi. Sekolahnya tidak berada di pinggir jalan utama, sehingga proses pembelajaran tidak terganggu dengan polusi suara.Namun mudah diakses, karena tidak jauh dari jalan raya yang dilalui oleh kendaraan umum. Jaraknya hanya sekitar 200 m dari jalan raya.

Selain letaknya yang strategis, SMAN 15 juga merupakan sekolah ramah anak dengan siswa-siswa yang memiliki segudang prestasi, baik akademik maupun non akademik.Berikut analisis pemetaan sumber daya SMAN 15 Bandung, dengan pendekatan aset. Pemaparan akan dibagi ke dalam 7 modal aset yang dimiliki oleh SMAN 15 Bandung.

  1. Modal Manusia

Seluruh guru di SMAN 15 Bandung sudah menempuh pendidikan Sarjana (S1), bahkan 20% sudah memiliki ijazah S2. Lebih 70% guru sudah mahir dalam penggunaan IT. Kepala Sekolah berprestasi dan aktif organisasi, saat ini menjabat sebagai sekjen AKSI (Asosiasi Kepala SEkolah Indonesia). Di SMAN 15 juga terdapat Calon Guru Penggerak yang dapat menjadi penggerak pembaharuan kurikulum merdeka yang digulirkan oleh mas menteri. Untuk tenaga kependidikan, 50%nya telah menyelesaikan pendidikan S-1.

Komite sekolah di SMAN 15 terdiri dari dari tokoh masyarakat dan praktisi pendidikan. Saat ini ketua komite nya adalah mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang sekarang menjabat sebagai kepala Perpustakaan Daerah Jawa Barat. Siswa-siswi SMAN 15 Bandung memiliki berbagai potensi dan prestasi, baik bidak akademik maupun non akademik. SMAN 15 merupakan sekolah ramah anak, kami memiliki dua guru yang merupakan duta ramah anak.

  1. Modal Sosial

Kegiatan sosial yang dilakukan guru-guru mata pelajaran tergabung dalam kegiatan MGMP. SMAN 15 juga memiliki kerjasama (MoU) dengan pihak lain, antara lain untuk kegiatan PPL, membangun kemitraan dengan UPI dan UNPAS. Untuk kegiatan lainnya, SMAN 15 Bandung menjalin MoU dengan  Penerbit, BJB, Universitas Widyatama, Gojek, Radio Ardan, Aku Pintar, Action Pay untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan sekolah.

SMAN 15 Bandung memiliki hubungan baik dan program bersama dengan Puskesmas dan Kepolisian dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi siswa, seperti kegiatan vaksin, penyuluhan kesehatan, penyuluhan narkoba dan kenakalan remaja, dan kegiatan positif lainnya. SMAN 15 Bandung juga membangun kemitraan yang harmonis dengan komite, koperasi dan warga sekitar.

  1. Modal Fisik

Sebagai sekolah yang sudah berdiri sejak 38 tahun yang lalu, SMAN 15 Bandung memliki gedung sekolah dengan ruangan kelas yang memadai dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Kami memiliki Laboratorium Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa, Kesenian yang representatif. Kami memiliki masjid yang berada ditempat yang sangat strategis sehingga memudahkan warga sekolah untuk beribadah. Tak lupa kamar kecil yang bersih dan nyaman untuk siswa, guru, dan warga sekolah. Sebagai fasilitas pendukung kegiatan masiv, kami memiliki aula tak jauh dari gerbang masuk sekolah dan hanggar untuk kegiatan olahraga indoor. Ruang perpustakaan yang kami miliki cukup luas dan nyaman.

Selain membaca di perpustakaan, kami juga memiliki ruang baca terbuka di bangku merah, bangku kuning, dan beberapa gazebo di taman katapang. Jaringan internet dapat diakses di beberapa titik di lingkungan sekolah secara cuma-cuma oleh semua warga sekolah

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan