Mohon tunggu...
Rijo Tobing
Rijo Tobing Mohon Tunggu... Novelis - Novelis

Penulis buku kumpulan cerpen "Randomness Inside My Head" (2016), novel "Bond" (2018), dan kumpulan cerpen "The Cringe Stories" (2020) dalam bahasa Inggris. rijotobing.wordpress.com. setengah dari @podcast.thechosisters on Instagram.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Badai Kegilaan

18 Maret 2020   21:54 Diperbarui: 19 Maret 2020   11:58 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: bbc.com

Masih boleh beli makan di luar, tidak?

Boleh, asal pastikan yang masak tidak positif Covid-19. 

Batinku melonjak. Bagaimana memastikannya, coba? Perlu aku swab test dulu tenggorokan orang yang masak sebelum aku bayar pesan antar?

Suamiku setiap hari masih kerja di luar. Tiap hari dia bawa pulang laptop, handphone, tas, tidak tahu terpapar apa dan di mana. Apa perlu aku semprot dia dengan disinfektan begitu dia masuk pintu rumah?

Lakukanlah apa yang kamu anggap baik.

Sekarang aku pakai jasa antar tukang sayur dari pasar. Semua daging, sayur, dan buah langsung kucuci bersih di bawah air mengalir. Tapi bagaimana kalau masih ada virus yang menempel dan bertahan di kulkas berhari-hari?

Tidak ada yang bisa menjamin virus tidak menempel di permukaan benda lain.

Hei, coba lihat berita duka ini. Dia orang yang kamu kenal dari orang yang kamu kenal, kan? Dia baru meninggal karena Covid-19. Kasihan sekali anak-anak yang dia ajar, pasti semuanya sudah kena.

Sudah dua tahun sejak aku bertemu orang yang katamu aku kenal, dan aku tidak kenal orang yang kamu bilang baru meninggal. Harapanmu aku akan bereaksi seperti apa?

Berkumurlah dengan air yang dicampur garam atau cuka sampai ke pangkal atas tenggorokan, lalu muntahkan. Semua virus pasti akan mati.

Virus mati di atas suhu 50 derajat Celcius. Bisa bayangkan bagaimana berkumur dengan air pada suhu setinggi itu? Untung jika lidahmu tak terbakar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun