Mohon tunggu...
Rihan Hanafia
Rihan Hanafia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Kampus Cibiru

mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Adaptif di Masa Pandemi dengan Cara Menjadi Kreatif

28 Juli 2021   17:17 Diperbarui: 28 Juli 2021   17:21 93 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Adaptif di Masa Pandemi dengan Cara Menjadi Kreatif
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama lebih dari 1 tahun. Pandemi covid 19 membawa dampak yang sangat terasa terhadap perekonomian di Indonesia. Ekonomi di Indonesia terus mengalami keterpurukan sampai saat ini. Bisa dilihat di berbagai sumber kredibel bahwa Indonesia mengalami keterpurukan dalam hal Ekonomi. 

Dan dapat dilihat juga dengan total jumlah hutang Indonesia yang mengalami lonjakan kenaikan sejak awal pandemi ini. Hal ini merupakan permasalah global yang dialami oleh hampir semua negera.

Daya beli masyarakat yang menurun menyebabkan perekonomian menjadi lesu. Oleh sebab itu pemerintah terus melakukan upaya, seperti pemberian stimulus terhadap pelaku usaha dan juga masyarakat. 

Dilansir dari kominfo.go.id Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kunci dalam mengatasi masalah ini adalah dengan cara percepatan dalam penanganan wabah covid 19, yaitu salah satunya dengan vaksinasi secara massal.

Selain dari percepatan dalam penangan covid yang merupakan kunci utama dalam mengentaskan permasalahan ekonomi ini harus ada juga beberapa solusi yang diupayakan untuk mengatasi masalah ini dalam jangka pendek. 

Solusi permasalahan jangka pendek ini muncul karena kita tidak pernah  tahu kapan wabah covid 19 ini akan berhasil diatasi. 

Oleh karena itu kita setidaknya harus bisa beradaptasi dengan permasalahan ini dan menjadi lebih kreatif agar bisa bertahan dalam permasalahan ekonomi ini.

Kita harus bisa adaptif dengan keadaan saat ini dengan cara menjadi lebih kreatif. Memanfaatkan media yang ada adalah menjadi salah satu kuncinya, contohnya adalah dengan cara bergeser dari penjualan yang biasanya dilakukan secara offline menjadi online. Selain itu kita juga harus bisa memanaatkan trend berbelanja online yang sedang massif di masyarakat.  

Banyak media yang mendukung untuk kita bisa berkembang dalam penjualan secara online, seperti halnya Instagram, Facebook dan beberapa E-Commerce lainnya. 

Dalam pengentasan permasalahan ekonomi ini pemerintah harus ambil tindakan seperti melakukan pelatihan bagaimana cara penggunaan media sosisal sebagai sarana untuk berjualan dan juga pelatihan yang berfokus kepada peningkatan kreatifitas dan produktifitas pelaku usaha.

Bagaimana membuat media sosial sebagai media untuk berjualan menjadi lebih menarik, branding dari produk terkait, pelayanan terhadap costumer serta pengiklanan produk menjadi kunci utama dalam pemasaran menggunakan media sosial ini. semua hal itu sangat berpengaruh dan menjadi nilai jual untuk para penjual tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN