Mohon tunggu...
Rifqi badruzzaman
Rifqi badruzzaman Mohon Tunggu... Penulis amatir

Masih belajar dan terus belajar, Mohon berikan masukan tentang apa yang harus saya perbaiki

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Meneladani 2 Sahabat Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam

2 Mei 2021   21:07 Diperbarui: 2 Mei 2021   21:09 265 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meneladani 2 Sahabat Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam
Sumber foto : republika

Sahabat nabi adalah orang yang mengenal dan juga melihat secara langsung nabi Muhammad S.a.w, Mereka jug kerap kali mendampingi kemanapun Rasul pergi, dan membantu setiap perjuangan nabi Muhammad S.a.w, dan memiliki kontrobusi besar dalam perjalanan Islam sebagai Agama yang sempurna.

Para sahabat ku bagaikan bintang gemintang, Teladani siapapun di antara mereka niscaya kau dapat petunjuk

Bukan kah sudah jelas ?  Bahwa Hadist Rasulullah diatas telah menunjukkan bahwa para sahabat nabi merupakan orang-orang yang mulia dan utama, karena Allah Swt telah menunjuk mereka untuk menjadi sahabat Rasulullah, Mereka para sahabat ialah orang-orang yang ber'syahadat ketika nabi menyeru kepada islam.

Maka bukankah sudah seharus nya kita sebagai umat muslim untuk mengenal dan juga meneladani kisah perjalanan hidup para sahabat nabi yang pernah dilewati.

1. Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq

Sumber : walpapper muslim
Sumber : walpapper muslim
Sahabat nabi yang pertama adalah seorang sahabat yang  terkenal loyal dan penuh dengan keistimewaan, Beliau adalah orang pertama kali masuk islam, Sayyidina Abu Bakar, Lahir di Mekah dengan nama Abdul Kabah, Namun setelah ia menjadi mualaf dan memeluk Islam nama nya pun berubah menfadi Abdullah, Dan nama Abu Bakar sendiri adalah nama yang diberikan oleh Rasulullah kepada nya, Yang artinya Bapak anak unta muda,"

Sayyidina Abu Bakar mendapatkan gelar Ash-Shiddiq pada saat setelah terjadinya peristiwa Isra Miraj, dan Sayyidina Abu Bakar merupakan orang yang pertama kali mempercayai terjadi nya peristiwa Isra Mir'aj dan sedangkan orang-orang mendustakan nya

Sayyidina Abu Bakar memiliki banyak kemuliaan yang salah satu nya adalah karena Loyalitas nya.

Sayyidina Abu Bakar adalah orang yang melindungi Baginda RaUhudpada saat terjadi nya serangan yang bertubi+tubi di dalam perang Uhud.

Selain itu, Sayyidina Abu Bakar adalah seorang sahabat yang mampu menyelesaikan segala problematika karena kepiawaian beliau dalam berdiplomasi.

Beliau, Sayyidina Abu Bakar meninggal pada tahun 634 M, di kota Madinah dan di makam kan tepat disamping makam Baginda Rasulullah, dan dari kisah diatas maka dapat kita teladani tentang bagaimana Loyalitas dan juga Kerendahan hati dari salah satu sahabat nabi bernama Abu Bakar Ash-Shiddiq

2. Sayyidina Umar Bin Khatab

Sumber foto : jakmal.id
Sumber foto : jakmal.id
Sayyidina Umar dilahir kan di Mekah, dan ia berasal dari suku Bani Adi yang merupakan salah satu suku rumpun Quraisy, Salah satu suku terbesar dikota Mekah saat itu.

Ayah dari seorang Sayyidina Umar bernama Khatab Bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan Ibu nya bernama Hantamah Binti Hasyim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x