Mohon tunggu...
Rifqi Abdi Rabbani
Rifqi Abdi Rabbani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030032

strong terus

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Pendapatan Lain Musisi Indie, Selain dari Hasil Manggung

13 Juni 2022   16:00 Diperbarui: 13 Juni 2022   16:07 262 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era sebelum ramainya pengguaan sosial media, bekerjasama dengan record label merupakan impian bagi para musisi. Dengan bekerjasama dengan record label, akan memudahkan para musisi untuk mempromosikan karyanya, mencarikan panggung dan dapat masuk ke televisi. Sehingga musisi-musisi yang bekerjasama dengan record label lebih mudah untuk terkenal. Selain itu pendapatan si musisi juga terjamin, karena telah menjadi tanggungjawab dari manajemen record label tersebut.

Lalu bagaimana dengan musisi-musisi non-label?

Musisi-musisi yang tidak bekerja sama dengan record label biasa disebut dengan musisi indie atau independent. Para musisi indie ini biasanya akan membuat manajemennya sendiri. Untuk mengatur segala kegiatan musisi tersebut, seperti promosi, mencari panggung, dan mencari sponsorship. Hal itu tentunya membuat pendapatan para musisi indie tak menentu. Karena segala sesuatunya diatur sendiri tanpa ada pihak lain yang bertanggung jawab.

Oleh karena itu para musisi indie tersebut menyiasati hal tersebut dengan beberapa cara memperoleh penghasilan selain dari hasil menggung. Berikut adalah pendapatan lain para musisi indie selain dari hasil manggung.

sumber : dokpri
sumber : dokpri
  • Digital Streaming Platform

Di jaman yang serba canggih ini penting rasanya para musisi indie untuk meng-upload karya-karyanya di DSP atau Digital Streaming Platform. Seperti spotify, joox, resso, tiktok dan lain-lain. Setiap platform tersebut akan memberi royalty dengan besaran tertentu setiap kali straming. Semakin banyak karya tersebut didengar, artinya semakin banyak juga royalty atau uang yang akan diperoleh.

  • Album Fisik

Memang seiring berjalannya waktu penjualan album fisik ini semakin menurun, apalagi di era digital saat ini. Tapi sebenarnya album fisik masih sangat banyak penggemarnya. Biasanya hanya sekedar dijadikan koleksi. Karena biasanya terdapat value tersendiri yang tidak bisa didapatkan di digital platform dari album fisik. Misalnya dalam album fisik biasanya terdapat cerita dari karya tersebut, dokumentasi, atau hal-hal lain yang tidak disebarluaskan di media sosial. Dan ini merupakan salah satu trik jika kalian ingin membuat album fisik, untuk menambahkan value yang hanya bisa didapatkan dalam album fisik tersebut. Hal tersebut akan memikat para penggemar untuk membeli album tersebut.

Selain itu album fisik juga bisa dijadikan paket dengan menambahkan merchandise dan dijual dalam bentuk boxset. Beberapa musisi telah melakukan hal tersebut seperti band Endank Soekamti, Rizky Febian, bahkan musisi campursari legendaris Almarhum Didi Kempot.

  • Showcase dan Tour

Bagi musisi indie yang baru saja memulai karirnya tentu akan sulit untuk mendapatkan tawaran manggung. Hal ini bisa disiasati dengan cara membuat showcase atau panggung sendiri. Misalnya dengan bekerjasama dengan coffee shop, café, atau bar, atau tempat sejenisnya yang memungkinkan  untuk live perform. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa kalian sudah memiliki penggemar. Selain showcase bisa juga dengan mengadakan tour.

Tour dapat dikatakan sebagai sumber penghasilan terbesar bagi para musisi. Tour ini juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi untuk musisi indie yang baru, atau musisi-musisi indie yang mempunyai karya-karya baru baik itu lagu atau album.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan