Mohon tunggu...
Rifky ZahrulAprilian
Rifky ZahrulAprilian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillahirrahmanirrahim

Semangat sukses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Identitas, Jiwa Tanpa Batas

27 Oktober 2021   21:04 Diperbarui: 27 Oktober 2021   21:43 56 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

IDENTITAS, JIWA TANPA BATAS 

Identitas adalah cermin diri, bagaimana diri kita, siapa diri kita atau semua tetntang gambaran diri kita. Identitas sangat penting bagi setiap orang agar orang tersebut bisa dikenal dan dianggap oleh orang lain. 

Banyak orang lain yang menilai kita dari identitas. Identitas baik maupun buruk kitalah yang menentukanya. Dari perilaku kita, perbuatan kita, tutur kata kita dan kebiasaan kitalah yang membentuk identitas diri kita. Identitas bisa dibuat berdasarkan tujuan dan harapan. Tujuan dan harapan baik akan membentuk identitas yang baik pula.

Identitas nasional Indonesia adalah gambaran Indonesia yang dikenal oleh orang banyak. Yang dikenal oleh warga-warga dari berbagai daerah, oleh suku-suku di berbagai daerah, dan oleh negara-negara di dunia. Banyak sekali identitas nasiaonal kita, yaitu identitas Indonesia. 

Diantaranya burung garuda dengan memebawa perisai yang melambangkan Pancasila dengan ke-lima silanya. Lalu dikakinya mencengkram selendang bertuliskan bhineka tunggal ika, yang artina walau berbeda-beda tetapi tetap satu jua. 

Bendera merah putih juga merupakan identitas Indonesia, dimana merah artinya berani dan putih artinya suci. Lalu lagu yang menjadi identitas negara Indonesia adalah lagu kebangsaan Indonesia raya. 

Dimana lagu ini selalu dinyanyikan setiap senin pada saat upacara bendera dan acara lain-lainya. Lalu Bahasa Indonesia juga merupakan identitas negara Indonesia. 

Bahasa Indonesia merupakan pemersatu masyarakat di seluruh Indonesia. Mulai dari suku-suku di berbagai daerah Indonesia bisa saling berkomunikasi berkat Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi Bahasa resmi yang digunakan diberbagai acara diberbagai media berita di Indonesia.

Identitas nasional merupakan alat pemersatu bangsa yang paling ampuh dan sudah lama terjaga dan dilestarikan. Identitas nasional juga merupakan jiwa bangs aitu sendiri. Identitas jiwa tanpa batas, maksud dari kata tersebut adalah identitas layaknya jiwa dari suatu negara. Jiwa yang menjadi kepribadian suatu negara. 

Jiwa tersebut akan menjadi ruh suatu negara yang mengatur jalanya negara untuk mencapai tujuan dan menjadi pendorong memajukan negara Indonesia. Lalu jiwa tersebut akan selalu hidup selama negara Indonesia tetap hidup dihati masyarakat sampai selamanya. Oleh karena itu identitas merupakan juwa tanpa batas.

Identitas baik kita harus tetap kita jaga agar menjadi hal positif yang dapat dibanggkan oleh negara dan masyarakat Indonesia. Kita juga sebagai pemuda-pemuda harus bisa menjaga identitas bangsa dan mengembangkan agar menjadi lebih baik lagi dan dikenal oleh negara-negara lain di dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan