Mohon tunggu...
Rifky Said
Rifky Said Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bebeking

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Eksistensi Media TV di Era Industri 4.0 Dalam Upaya Menjaga Eksistensinya

7 Mei 2021   23:06 Diperbarui: 7 Mei 2021   23:26 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Media merupakan alat atau saluran penghubung komunikasi seseorang kepada orang lain. Dengan adanya media, maka terjadilah sebuah komunikasi, karena komunikasi ialah suatu proses penyampaian pesan dari satu individu kepada individu lainnya.

Media massa merupakan  singkatan dari media komunikasi massa. Media massa merupakan sarana atau media untuk berkomunikasi kepada publik.Media massa merupakan suatu sumber informasi, hiburan, dan sarana promosi atau iklan. Media massa dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu Media Cetak, Media Elektronik, dan Media Siber. Yang termasuk kedalam media cetak adalah surat kabar, majalah, dan tabloid. Televisi, radio, dan video atau film termasuk kedalam media elektronik. Sedangkan website, blog, portal berita, dan media social masuk kedalam media siber.

Media sosial sedang marak dalam proses komunikasi di masa ini. Masyarakat dapat berkomunikasi dengan mudah dan murah. Namun pengaruh media sosial terhadap kejahatan pun meningkat. Banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan seperti penipuan perampokan, bahkan pembunuhan. Sekarang ini, sebagian besar masyarakat menggunakan media sosial, media sosial menjadi sarana penyampaian informasi paling cepat. Ternyata media sosial menjadi sebuah gempuran atau serangan bagi media massa saat ini.

Media sosial memang lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan media massa/media konvensional, tetapi ada kelebihan dari media konvensional yang tidak dimiliki oleh media sosial. Media konvensional seperti pertelevisian masih menjunjung tinggi yang namanya undang-undang penyiaran, undang-undang pers, undang-undang ITE, dan lain sebagainya. Pertelevisian sekarang juga menjunjung tinggi yang namanya trusted journalism, dimana informasi yang disampaikan pasti melalui berbagai macam tahap yang sesuai dengan undang-undang yang ada karena bagaimana pun juga televisi menjadi tempat klarifikasi paling kredibel setelah informasi viral di media sosial tersebar.Media massa dalam perkembangannya tetap harus dikendalikan sehingga tidak merugikan masyarakat di masa mendatang. Meskipun begitu, media massa membantu masyarakat dalam berinteraksi satu sama lain, dan mengetahui informasi-informasi terbaru dengan mudah. Media massa berperan penting dalam perkembangan dunia hingga mencapai dunia yang modern sekarang ini.

Dalam mempertahan eksistensi Media massa juga harus memperhatikan konten yang kreatif, konten menentukan minat masyarakat saat ini namun tetap harus memperhatikan konteks. Intinya, media massa masih eksis, namun media massa harus berkorelasi dengan upaya untuk mempertahankan eksistensinya. Media massa harus menghadirkan konten-konten kredibel yang dikemas secara menarik.

Mempertahankan industri media cetak di tengah persaingan antar media dengan memaksimalkan pelaksanaan strategi pemasaran. Dapat dengan cara membangun jaringan (networking) dalam pemasaran, memelihara pelanggan dengan ikatan yang lebih personal untuk lebih memberikan kepuasan pelanggan, serta mengembangkan pasar baru pada segmen medianya. Taktik lainnya yaitu melakukan promosi baik untuk memperkokoh image, mempertahankan kredibilitas di depan para stakeholder (baik pembaca maupun permasang iklan).

Banyak dari beberapa media perusahaan media cetak berhenti karena banyak nya dari mereka yang memilih untuk menggunakan media sosial dikarenakan akses yang jauh lebih mudah. Karena perkembangan ini, peminat alat komunikasi seperti surat kabar kian menurun peminatnya. Hal ini pastinya memberikan berbagai jenis dampak. Kurangnya lapangan kerja, melonjaknya pengangguran yang memiliki pengaruh yang buruk bagi perekonomian negara.

Namun tidak semua perusahaan menggulur tikar ketika kalah saing dengan media sosial, saat ini banyak dari perusahaan yang melakukan adaptasi dengan kondisi yang terjadi saat ini. Seperti menyediakan berita - berita lengkap yang mudah diakses pada sosial media, youtube atau bahkan platform lainnya. Banyak dari perusahaan yang berkembang karena dengan seiring jalannya perkembangan teknologi dan faktor pendukung yang terjadi saat ini salah satunya adalah dengan perkembangan media sosial saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun