Mohon tunggu...
Rifky Julio
Rifky Julio Mohon Tunggu... Lainnya - Fresh Graduate (Baca: Penggangguran)

Sekedar menulis apa yang ingin ditulis. Antropologi | Anime | Daily Life | Fiksi

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hari Kelam bagi Penggemar Sepak Bola Indonesia

2 Oktober 2022   16:30 Diperbarui: 2 Oktober 2022   16:45 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sarapan di hari Minggu kali ini tidak seperti biasanya. Sambil menonton salah satu kanal televisi, saya mendapatkan sebuah berita mengejutkan sekaligus menyayat hati.

130 orang tewas dalam Tragedi Kanjuruhan.

Tragedi sepak bola paling mematikan di Indonesia.

Begitu tulisan di headline program berita tersebut. Apa yang sebenarnya terjadi?!

Arema FC vs Persebaya Surabaya

Saya sebenarnya melewatkan pertandingan kedua kesebelasan karena ada pekerjaan. Saya hanya mengetahui hasil akhirnya dari post akun FB BRI Liga 1, yakni kemenangan 3-2 untuk Persebaya atas Arema. 

Saya tidak terlalu terkejut dengan hasil tersebut karena Persebaya memang tim yang bagus dalam menyerang, sedangkan Arema masih dalam masa transisi bersama pelatih baru Javier Rocha. Saya malah menyesal tidak menonton langsung pertandingannya di tv, sebab adanya 5 gol pasti pertandingan berjalan seru.

Seperti biasa saya amati kolom komentar postingannya yang tetap panas seperti biasa. Ada yang bersyukur dengan hasilnya-kemungkinan dia adalah bonek-dan ada yang mengejek kekalahan Arema di kandangnya sendiri. Sebelumnya Arema sudah kalah melawan Persija 0-1, dan kalah dari Persib 1-2, di Stadion Kanjuruhan. Dua kekalahan itu sudah cukup membuat sakit hati para Aremania. Apalagi Arema FC adalah juara Piala Presiden 2022, pasti mereka merasa sangat kesal dan tidak percaya Arema FC akan terseok-seok seperti saat ini.

Saya terus scrolling kolom komentar tersebut. Isinya rata-rata sama, saling adu pendapat, dan beberapa komentar out of topic yang tidak ada hubungannya dengan hasil pertandingan. Sampai saya menemukan komentar yang membagikan sebuah video. Dari thumbnail-nya terlihat seperti kerusuhan dalam lapangan. Caption-nya juga menegaskan kalau suporter memasuki lapangan Kanjuruhan. Ah seperti biasa, mereka tidak berubah ya. Saya putuskan untuk tidak menonton videonya. Paling isinya begitu-begitu saja lalu nantinya akan ada sanksi untuk Arema FC dari PSSI.

Setelah itu saya pergi dari kolom komentar dan lanjut scrolling di beranda FB. Rebahan sambil menunggu dengan tidak sabar pertandingan besok antara Persib vs Persija. Pastinya akan seru dan hasil pertandingannya akan meramaikan persaingan di BRI Liga 1. 

Begitu pikir saya malam itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun