Mohon tunggu...
Cerpen Pilihan

Faith

15 November 2018   12:30 Diperbarui: 15 November 2018   12:46 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Halo Nama gue Marsha Ardiana, umur gue 23 tahun. Gue lahir di Bandung, 2 Desember 1994. Papah gue bernama Ryan Ardi dan Mamah gue bernama Karina Tanna. Papah gue adalah direktur di suatu perusahaan di daerah Bandung, Sedangkan Mamah gue hanya Ibu rumah tangga yang sangat sabar dan tegas. Gue terlahir menjadi anak tunggal. Gue lulusan dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Tempat tinggal gue di Bandung, tapi sekarang gue dan Mamah tinggal di Singapura karna saat ini gue kerja di salah satu perusahaan di Singapura. Gue kerja di perusahaan Advertising yang bisa di bilang cukup terkenal di Singapura. Sedangkan Papah masih tinggal di Bandung, Papah gabisa ikut gue dan Mamah untuk tinggal di Singapura karna Papah gabisa ninggalin tanggung jawabnya di Bandung. Gue memang bekerja di bagian pengiklanan, tapi gue juga suka menulis. Malam ini dengan secangkir kopi, gue bakal nulis pengalaman gue selama beberapa tahun sebelumnya.

***

Pada saat itu gue sekolah di SMA 96 Bandung. Gue lagi tergila gila sama pelukis yang terkenal di Indonesia saat itu, tahun 2011. Dia adalah Arie Smith. Karna Arie Smith, gue jadi tertarik banget sama lukisan dan pengen banget belajar melukis. Gue selalu berusaha untuk bisa melukis, sampe ga jarang gue buka Youtube untuk melihat lihat step melukis. Tapi untuk bisa melukis tidak secepat itu. Gue yakin gue akan bisa suatu saat nanti.

Gue itu termasuk orang yang sangat penasaran. Gue lagi suka lukisan, jadi gue bakal terus menerus menyukai hal hal yang berkaitan dengan lukisan. Bulan depan, di sekolah gue bakal ngadain pameran. Yang pasti akan ada lukisan nantinya. Gue harap di pameran bulan depan, gue bisa nyumbang lukisan di pameran tersebut. Ya semoga saja gue udah bisa melukis, dan gue juga ga sabar banget buat liat liat lukisan karya anak anak sekolah gue.

Datanglah hari yang gue tunggu, pameran. Saat itu gue masih belum pandai dalam hal melukis, dan akhirnya gue ga menyumbang lukisan di pameran tahun ini. Gue mulai untuk liat liat pameran di sekolah. Lalu gue liat satu lukisan yang bener bener bikin gue jatuh hati. Tapi sayangnya, di lukisan itu ga tertulis siapa pelukis nya. Tiba tiba dateng seorang cowo, dan dia bilang "Gimana? keren ga?". Ternyata, dia si pelukis nya. GILA WOY! bukan cuma lukisan nya doang yang keren tapi pelukis nya juga keren!! "Keren banget, gue suka!" jawab gue. Disitu kita ngobrol ngobrol dan disitu gue tau nama dia, yaitu Putu Ardan. Gue bilang ke Putu kalo gue lagi seneng banget sama Arie Smith. Putu tau banyak soal Arie Smith, karna Arie Smith juga salah satu pelukis Favorit Putu. Obrolan kita makin nyambung. Karna gue pengen banget bisa melukis, Putu ngajak gue buat belajar lukis bareng. Setelah hari itu gue dan Putu jadi sering ketemu. Dan ilmu gue tentang melukis jadi bertambah karna Putu.

***

Hari demi hari, gue dan Putu jadi makin deket. Hari hari gue dan Putu bukan cuma tentang melukis. Bahkan tentang kehidupan Putu pun gue udah hafal. Udah banyak yang gue ketahui tentang Putu, begitu juga sebaliknya. Kita udah sering bertukar cerita. Lama lama gue jadi ngerasa nyaman bareng bareng sama Putu. Rasanya gue pengen ada di samping Putu terus. Gue akui. Putu baik, Putu orang yang pengertian, Putu asik, dan yang paling penting disaat gue lagi bareng Putu, dia selalu bisa buat gue ketawa. Tapi gue gaboleh berharap sama Putu. Dia dan gue berbeda Agama dan ga mungkin bersatu. Gue harus tahan, gue gaboleh terseret dalam Cinta. Cukup menjadi Teman dekat saja. Dengan menjadi teman dekat pun gue bisa bareng bareng Putu.

***

Tanggal 2 Desember, Hari ulang tahun gue yang ke 17. Gue berharap Putu inget kalo sekarang adalah hari ulang tahun gue. Tapi ternyata ketika di sekolah gue galiat Putu sama sekali. Kata temannya, Putu ga sekolah. Gue sedih, Orang yang gue harapin malah ga ada kabar gini. Bahkan, Putu pun ga telpon atau chat gue. Hari yang menyebalkan. Dari bel mulai belajar sampai bel pulang sekolah gue ngerasa ga semangat, gue kesel sama Putu. Gue pulang dengan wajah lesu. Ketika gue sampe di rumah pun gue males untuk beraktivitas. Gue langsung masuk ke kamar gue dan ternyata kamar gue udah banyak banget hiasan di sisi sisi dinding. Putu ada di kamar gue. Dia bareng keluarga gue, ngasih gue kejutan. Memang ga seberapa, kejutan yang mereka kasih tidak semewah itu. Tapi gue seneng banget, harapan gue ga sia sia. Gue sayang mamah papah, gue sayang Putu. Malam nya Putu ngajak gue buat makan di luar, karna katanya dia tau tempat baru yang enak buat ngobrol dan masakan nya juga enak. Sampe lah kita di tempat makan itu, terus kita pesen makanan. Saat baru aja makanan dateng, dia bilang kalo dia sayang gue. PENGEN NANGIS!! dia minta kalo gue bukan cuma jadi temen dia, melainkan pacarnya. Gue gabisa bohongin hati gue, gue pun sayang sama Putu. Gue takut untuk memiliki hubungan dengan Putu. Tapi di lain sisi gue memang ada keinginan untuk mengiyakan permintaan Putu. "Iya, gue mau." Kata kata itu pun keluar dari mulut gue. Gue liat dari mimik Putu yang begitu bahagia mendengar jawaban gue. Gue pun ikut bahagia saat itu. Buat gue ini lebih dari sekedar hadiah di ulang tahun gue.

***

Setelah hari itu, ga sedikit temen gue bahkan orang lain yang tau kalau gue dan Putu mempunyai hubungan. Posisi gue sebagai Umat Muslim, dan Putu adalah seorang Hindu. Banyak temen temen gue di sekolah yang heran karna gue punya pacar yang bahkan beda agama sama gue. Kadang omongan mereka membuat gue sakit hati banget, karna tidak sedikit orang yang menyinggung hubungan gue dan Putu. Bagi mereka sangat janggal, Dua remaja yang berbeda agama mempunyai hubungan lebih dari teman. Sampe akhirnya gue cerita ke Mamah tentang perbedaan ini. Mamah bilang "Mamah gabisa ngelarang kamu, Karna Putu itu ngebuat kamu selalu semangat. Tapi kamu harus inget. Jangan terlalu sayang, Nanti kalau gabisa bersatu kamu sangat merasa jatuh. Itu sangat menyakitkan. Mamah gamau liat anak Mamah sedih." Dan gue ngerasa gapapa. Karna gue percaya kalo saatnya gue pisah sama Putu ya gue pasti bisa, dan sangat mudah untuk melupakan. Itulah yang ada di pikiran gue saat itu. Jadi gue akan terus melanjutkan hubungan gue tanpa memikirkan ocehan orang tentang perbedaan ini. Yang penting gue bahagia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun