Mohon tunggu...
Rifka Eak
Rifka Eak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi memasak membaca bernyanyi saya suka lihat konten makanan atau kuliner

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Anak Introvert Tidak Seburuk Apa yang Kita Bayangkan

16 Oktober 2022   16:05 Diperbarui: 16 Oktober 2022   16:12 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo


Terkadang kita berpikir kenapa sih anak itu suka malu jika diajak berdiskusi atau berbicara. Mungkin mereka lebih suka sendiri karena ia tidak cocok dan tidak nyaman dengan lingkungan disitu. Bukannya ia pendiam atau tidak mau bicara tetapi ia takut apa yang dibicarakan salah dan dapat menyinggung orang lain. 

Tetapi anak yang memiliki sifat introvert bisa dibilang keren. Karena ia mampu mengerjakan apapun sendiri dan ia tidak merugikan dan dirugikan orang lain. Ia lebih fokus kepada apa yang ingin mereka capai dan tidak akan mengurus masalahan orang lain. Ternyata sifat ini ada dalam pelajaran psikologi dan perkembangan yaitu pada materi "multiple intelligences". 

Nah, di dalam multiple intelligences (kecerdasan majemuk) ada banyak macam-macam kecerdasan. Salah satunya ialah kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan intrapersonal sendiri adalah kemampuan berpikir secara reflektif yang lebih mengacu kepada kita bisa tahu perasaan dan pemikiran kita sendiri. 

Kecerdasan ini kemampuan secara akurat mengenai gambaran diri sendiri (mood, kesadaran mental, kelemahan, kelebihan, kemampuan, pemikiran kita dan lain-lain). Lalu anak yang memiliki kecerdasan ini akan berkembang seiring dengan apa yang telah mereka pikirkan sebelumnya dan bagaimana nanti kedepannya. 

Dengan kita memiliki sifat ini kita bisa lebih mandiri, tidak bergantung kepada orang lain, mempunyai sifat percaya diri atau bisa kita sebut pede, dapat belajar kesuksesan dari orang lain, dan lebih peka apa kemampuan akan dirinya. 

Ternyata introvert tidak seburuk itu ya. Ia lebih suka menyendiri karena asyik dalam dunianya yang ternyata juga memiliki kelebihan yang tidak dapat kita lihat. Namun tidak semua anak yang introvert itu tidak butuh orang lain. Tetapi ia juga butuh bantuan orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun