Media sosial adalah salah satu cara ampuh untuk menyampaikan pesan Anda kepada publik. TikTok adalah salah satu platform media sosial termuda dan terbukti telah menjadi pesaing kuat untuk media sosial lainnya. Pada tahun 2020 dan 2021 TikTok menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh di dunia. Waktu penggunaan rata-rata TikTok di dunia pun terus meningkat dan telah mencapai 52 menit/hari. Selain itu, TikTok juga memiliki angka engagement pengguna yang tinggi yang menunjukan TikTok memiliki jumlah pengguna aktif yang tinggi.Â
Karena kepopuleran nya, banyak influencer, content creator, agency, dan marketer yang beralih dan membuat campaign di platform TikTok untuk meningkatkan TikTok follower, menyebarluaskan influence, brand dan kontennya. Mengukur keberhasilan campaign dan performa akun TikTok secara manual tidaklah mudah dan membutuhkan banyak waktu. Disinilah peran tools analisis performa TikTok penting karena dapat menganalisis data dengan tepat dan cepat serta mempermudah Anda mengembangkan strategi campaign brand, influence dan konten Anda secara efektif. Artikel ini telah mengumpulkan 7 tools terbaik untuk analisis performa TikTok, untuk mempermudah Anda meningkatkan TikTok engagement dan menentukan tools analisis yang paling tepat untuk Anda.
Storyclash
Storyclash adalah tool analisis performa Tiktok yang memungkinkan Anda untuk melacak brand, influencer campaign, dan kompetitor Anda pada platform Tiktok. Selain itu, Storyclash juga memiliki fitur yang akan memberitahukan Anda tentang konten yang sedang tren. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan strategi marketing/campaign Anda dengan menelusuri ribuan video yang sedang tren sebagai inspirasi untuk konten baru.
Fitur utama:
- Analisis brand Anda dan perbandingannya dengan kompetitor Anda.
- Laporan influencer campaign Anda.
- Menemukan video Tiktok yang ikut menyebutkan brand Anda.
Harga: Storyclash menawarkan paket paling dasar yang dibandrol 499 atau kurang lebih setara dengan Rp7.485.000 per bulannya.
Socialinsider
SocialInsider adalah tool analisis Tiktok yang ditujukan untuk brand dan agency digital yang berorientasi pada data. Dengan tool ini Anda dapat mengukur campaign Anda, melihat indikator kinerja utama (KPI) TikTok Anda, melacak profil tertentu, dan meningkatkan visibilitas Anda di TikTok.
SocialInsider juga akan memberitahukan Anda tentang hashtag dan musik yang sedang tren, total pemutaran, dan waktu terbaik untuk memposting konten Tiktok. Anda dapat melakukan uji coba gratis selama 14 hari untuk melihat keefektifan dan kecocokan fitur dengan kebutuhan Anda.
Fitur utama:
- Metrik utama seperti rata-rata engagement, tingkat engagement rata-rata setiap pos, dan pertumbuhan TikTok followers.
- Statistik akun Tiktok.
- Top hashtags.
Harga: SocialInsider menawarkan paket paling dasar yang dibandrol $83 atau kurang lebih setara dengan Rp1.280.000 per bulannya.
Iconosquare
Iconosquare menawarkan fitur analisis performa Tiktok yang mendetail, memberikan insight mengenai engagement, like, dan komentar, serta memastikan bahwa postingan Anda memiliki performa yang baik. Ditambah lagi, Iconosquare juga akan menampilkan waktu terbaik memposting konten berdasarkan engagement Anda, serta menunjukkan performa masing-masing video, seperti jumlah share, rata-rata engagement, dll. Tool analisis performa TikTok ini juga menawarkan uji coba gratis selama 14 hari.
Fitur utama:
- Analisis yang mendetail untuk setiap video.
- Pengukuran performa dan engagement.
- Waktu terbaik untuk memposting.
- Riwayat views, likes, komentar, shares, serta riwayat dan efisiensi suatu konten.