Mohon tunggu...
Arief Yunianto
Arief Yunianto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis di Waktu Luang

Suka sharing hal-hal yang sedang trend saat ini

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

5 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Konten Instagram

2 September 2022   10:06 Diperbarui: 6 September 2022   06:20 119 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Instagram merupakan salah satu situs jejaring sosial yang paling populer saat ini. Hingga kini, pengguna Instagram di dunia mencapai 1,48 miliar dan di Indonesia mencapai 99,15 juta pengguna. Belum lagi, sebagian besar pengguna di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 32 menit setiap harinya di Instagram. Hal inilah yang membuat banyak pengguna Instagram berprofesi sebagai content creator dan Instagram influencer. Kedua profesi ini pun semakin populer dan tidak sedikit orang yang ingin mengikuti jejak kesuksesan content creator dan Instagram influencer idola mereka.

Namun, Banyak yang beranggapan menjadi content creator dan Instagram influencer itu mudah, hanya modal posting-posting konten Instagram bisa langsung viral dan sukses. Nyatanya, proses untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan bisa bersaing dengan konten-konten lain tidaklah mudah. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan mulai dari isi dan bentuk dari konten itu sendiri hingga analisa interaksi Instagram followers dengan suatu konten. Jadi, bagaimana cara menghasilkan konten dengan kualitas, kreatifitas dan daya tarik tinggi? Berikut 5 tips untuk meningkatkan kualitas konten Instagram.

Luangkan Waktu untuk Merencanakan Tema dan Caption pada Konten

Rencanakan tema konten untuk hasil yang menarik dan aesthetic. Misalnya, konten bertema motivasi di hari Senin, komedi di hari Selasa dan Kamis, fashion/OOTD di hari Rabu, review kuliner/caf hopping di hari Jumat, tutorial singkat di hari Sabtu. Kemudian, pilihlah gaya pengambilan gambar atau perekaman video yang paling Anda gemari serta sesuai dengan kepribadian Anda. Sebagai referensi Anda juga bisa mengumpulkan inspirasi dari akun Instagram lain atau website seperti Pinterest dan We Heart It.

Penulisan caption pada konten juga tidak kalah penting. Selain penulisan caption secara keseluruhan, kalimat pertama suatu caption juga bisa mempengaruhi jumlah view dan engagement suatu konten. Pada kalimat pertama bisa diawali dengan sapaan yang familiar bagi pembaca/followers, pertanyaan yang mengundang pembaca untuk membaca caption lebih lanjut atau pernyataan singkat yang menimbulkan rasa penasaran pembaca. Menambahkan kalimat Call to Action(CTA) pada akhir caption seperti "Yuk share juga pengalaman liburan paling memorable kamu di kolom komentar" atau "Jawab di kolom komentar ya" juga cara efektif untuk meningkatkan Instagram engagement .

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan hashtag untuk memperluas jangkauan konten Anda. Gunakan Instagram hashtag yang berkaitan dengan konten Anda dan Instagram hashtag yang sedang trend untuk meningkatkan view dan engagement konten. Namun, hindari penggunaan hashtag yang berlebihan karena justru membuat konten Anda dianggap spam oleh Instagram.

Optimalkan Penggunaan Instagram Reels

Optimalkan konten berbentuk Reels dengan menggunakan smartphone sebagai alat rekam video Reels karena resolusi rekaman video smartphone mirip dengan resolusi tampilan Reels sehingga mempermudah proses edit dan pengunggahan. Anda juga bisa menggunakan perlengkapan lain seperti lampu selfie dan tripod khusus smartphone untuk menunjang proses perekaman video.

Pilihlah topik yang sedang tren atau banyak diminati seperti challenge video viral, tutorial makeup, review brand makeup, tutorial singkat, tips & trick suatu game, atau review kuliner kekinian. Jadikan cuplikan yang paling menarik pada detik-detik awal Reels sehingga daya tarik Reels Anda semakin mendorong orang untuk menonton hingga selesai.

Manfaatkan efek dan filter yang tepat serta transisi yang kreatif dan mulus untuk semakin meningkatkan daya tarik Reels Anda. Jangan lupa juga untuk menambahkan lagu yang sedang tren/viral sebagai latar suara Reels Anda. Hal ini bisa membuat Instagram menambahkan Reels Anda ke dalam feed Reels yang menggunakan lagu serupa sehingga meningkatkan potensi Reels Anda ditonton oleh banyak orang. 

Amati Insights dan Pahami Instagram Followers

Instagram kini telah dilengkapi dengan alat analisa bernama insights yang bisa Anda gunakan untuk mengamati data detail akun Instagram Anda. Insights menyediakan data seperti waktu online, usia, lokasi dan gender followers Anda. Tak hanya itu, insights juga menyediakan data performa akun Instagram dan masing-masing konten Anda.

Dengan menggunakan insights, Anda bisa dengan mudah mengevaluasi performa akun Instagram dan konten Anda serta memahami followers Anda. Anda bisa melihat total profile views dan Instagram story views, hari apa dan jam berapa followers Anda aktif online di Instagram dan konten mana yang memiliki angka Instagram engagement tertinggi (like, comment dan save). Manfaatkan data ini untuk mengunggah konten di hari dan jam followers Anda aktif online dan memperdalam topik dan tema dari konten dengan angka Instagram engagement tertinggi untuk mengoptimalkan potensi akun Instagram dan konten Anda dilihat oleh orang lebih banyak lagi. Untuk mendapatkan data Instagram analytics yang lebih lengkap, Anda bisa memanfaatkan Instagram analytics tools seperti Analisa.io.

Buat Jadwal dan Amati Waktu yang Tepat untuk Mengunggah Konten Instagram

Selain merencanakan tema dan caption konten, menjadwalkan waktu pengunggahan tiap konten yang telah Anda rencanakan juga tidak kalah penting. Hal ini mempermudah Anda mengunggah konten dengan frekuensi yang lebih sering dan konsisten. Buatlah jadwal pengunggahan konten untuk seminggu ke depan hingga sebulan ke depan yang memungkinkan Anda untuk melihat secara keseluruhan feeds konten Anda hingga seminggu/sebulan ke depan. Manfaatkan pengingat di aplikasi kalender atau aplikasi penjadwalan lain untuk mempermudah proses pembuatan jadwal pengunggahan konten.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan