Rifdah  Syafniar
Rifdah Syafniar

dream more do more :)

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Lima Film Pendidikan Ini Bakal Sukses Bikin Kamu Terinspirasi Jadi Guru

13 Maret 2018   22:03 Diperbarui: 13 Maret 2018   22:26 512 1 0

"Film adalah serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak karena efek fenomena phi." - Wikipedia

Film sendiri di Era sekarang, banyak dimanfaatkan sebagai penghilang penat (Refreshing) bagi orang - orang kantoran hingga anak - anak sekolah. Bahkan film juga menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu bersama di hari libur (Weekend) bersama keluarga,teman atau pacar.

Jadi, tidak salah jika dalam dunia perfilman Indonesia mereka berlomba - lomba untuk meberikan karya yang terbaik sehingga nantinya akan pantas diapresiasi oleh penonton apakah Film ini sukses atau tidak untuk ditayangkan. Salah satunya yang menarik perhatian yaitu genre pendidikan yang cocok ditonton bagi semua kalangan. Berikut 5 referensi Film pendidikan yang wajib kamu catat :

1. Sokola Rimba

Sokola Rimba hadir dengan kisah seorang guru bernama Butet Manurung yang ditugaskan oleh lembaga swasta untuk mengajar dan mendidik anak-anak di daerah terdepan, terpencil dan terluar Indonesia. Berbagai kendala dialami Butet saat harus mengajar di daerah pedalaman. 

Pemikiran orang tua murid yang  beranggapan bahwa kerja lebih penting daripada belajar, minimnya fasilitas, minimnya minat belajar anak, hingga karakter anak yang sulit diatur menjadi rintangan yang harus dihadapi. Dari Film inspirasi pendidikan "Sokola Rimba", kita akan bisa belajar tentang semangat guru yang tidak akan padam untuk melakukan perubahan. Guru tidak akan berputus asa meskipun banyak hambatan dalam melaksanakan amanahnya sebagai guru.

2. Negeri Lima Menara 

Negeri 5 Menara menunjukkan kepada kita tentang bagaimana sosok guru inspiratif. Guru inspiratif yang berhasil menginspirasi muridnya untuk menjadi orang yang sukses, orang yang berhasil di bidangnya masing-masing. "Man Jadda Wajada", "Siapa yang bersungguh-sungguh, Ia akan berhasil", kata-kata ini berhasil merasuk ke dalam sanubari siswa-siswanya sehingga mereka bertekad untuk benar-benar menjadi insan yang berhasil.

3. Laskar Pelangi

Melalui Film Laskar Pelangi, kita dapat mengambil pelajaran dari seorang Bu Muslimah dalam mengajar. Bisa belajar tentang Anak yang berkembang dengan potensi dan cita-citanya masing-masing. Hingga belajar tentang bagaimana memanfaatkan kearifan local untuk memajukan dunia pendidikan. Sepertinya mayoritas guru sudah pernah nonton film pendidikan terpopuler ini ya?

4. Alangkah Lucunya Negeri Ini

Film Alangkah Lucunya Negeri Ini hadir dengan jalan cerita yang begitu unik, yakni kisah 2 pemuda yang mencoba memanajemen, mendidik, mengajari baca tulis hitung, hingga menyadarkan anak-anak pencopet untuk beralih profesi menjadi pengasong. Mendidik dan mengajar pada dasarnya merupakan proses untuk mengubah pola pikir anak untuk selalu bisa lebih maju. Dan di film ini kita bisa mengambil banyak inspirasi tentang mendidik dan merubah pola pikir anak.

5. Sang Pemimpi

Hal paling menarik yang tersirat dari film Sang pemimpi adalah sosok Guru bernama Balia yang benar-benar menginspirasi murid-muridnya untuk belajar hingga di tanah Eropa. Meski sempat terbelit dengan berbagai masalah hidup yang sempat mematahkan semangat untuk sekolah hingga di jenjang perguruan tingi, akhirnya inspirasi dari gurunya itulah yang membuat semangat itu kembali menyala.

Nah, itu tadi 5 referensi film pendidikan yang dapat kamu jadikan motivasi menjadi guru nantinya. Tertarik menonton? :)