Mohon tunggu...
rifa syarifahnuralia
rifa syarifahnuralia Mohon Tunggu... Mahasiswa - IAIN Palangka Raya

Memiliki Sebuah Impian

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Inflasi di Indonesia?

26 Juni 2022   20:38 Diperbarui: 26 Juni 2022   20:51 104 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bank Indonesia merasa tidak perlu menaikkan suku bunga acuan pada saat ini karena inflasi yang masih terkendali.

Data inflasi di Indonesia per-mei 2022 mengalami peningkatan dari 3,47% menjadi 3,55%. BI memperkirakan inflasi akhir tahun akan mencapai 4,2%. Meningkatnya inflasi di Indonesia disebabkan karena harga cabai dan bawang merah yang meningkat. Jumlah komoditas yang menggerakan inflasi seperti cabai 0,17%, cabai rawit sebesar 0,11%, dan bawang merah sebesar 0,08%.

Inflasi sendiri diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Serta suatu keadaan perekonomian di suatu negara dimana terjadi kecenderungan kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam waktu yang panjang yang disebabkan karena tidak seimbangnya arus uang dan barang.

Sedangkan menurut Winardi, pengertian inflasi adalah "suatu periode pada masa tertentu, dimana terjadi penurunan kekuatan dalam membeli terhadap kesatuan moneter. Inflasi dapat timbul apabila nilai uang yang didepositokan beredar lebih banyak dibandingkan atas jumlah barang atau pun jasa yang ditawarkan".

Inflasi sendiri harus selalu stabil agar pertumbuhan ekonomi dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat, jika inflasi tidak stabil maka akan berdampak negative pada kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Jika inflasi tinggi akan menyebabkan pendapatan masyarakat turun yang menyebabkan kemiskinan semakin bertambah. Ketidakstabilan pada inflasi menciptakan ketidakpastian pelaku ekonomi mengambil keputusan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan