Mohon tunggu...
Rifan Ramdhani
Rifan Ramdhani Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA UNPAM PENDIDIKAN EKONOMI

AHMAD RIFAN RAMDHANI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Platform Media Digital pada Masa New Normal

2 Desember 2022   13:29 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:35 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa paandemi covid-19 lalu dimana perkembangan digitalisasi membuat makin banyak masyarakat yang terbiasa mencari produk hingga berbelanja melalui platform digital. kondisi ini banyak dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk ikut terjun dan berkecimpungan di dunia digital terutama para generasi mileniel saat ini.Meski sudah banyak platform digital dan e-commerce yang bisa dimanfaatkan untuk lebih memperluas pasar dan mendongkrak pertumbuhan bisnis, nyatanya masih banyak pelaku usaha yang ragu dan takut masuk ke digital karena terbiasa berjualan secara offline dan konvensional. 

Nah, hal ini pula yang membuat sebagian pelaku UMKM ketar ketir dalam memulai bisnis online. Namun karena kondisi perekonomian pada masa covid-19 terlalu buruk mereka mencoba memberanikan untuk mencoba mengiklankan dagangannya melalui media digital seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Tiktok, Shoppe Seller dll.

Apapun yang diposting melalui media sosial berpotensi akan dilihat jutaan orang penggunaan dalam waktu singkat, hal tersebut terjadi karena konsumen lebih mudah berinteraksi kepada penjual melalui bantuan sosial ataupun e-commerce. Konsumen juga mudah untuk mendapatkan informasi produk seperti harga barang , detail jenis barang , potongan harga dan sebagainya, dengan begitu bisa memberikan kemudahkan kepada konsumen dalam menentukan suatu produk

Masuk kedunia digital dan menggunakan Media Digital tidak sesusah yang kita bayangkan, kita pun tidak perlu menggunakan alat yang canggih. mulai saja dengan kamera smart phone yang kita miliki dan dengan membuat konten yang sederhana.

Apalagi semua platform digital saat ini  benar-benar memberikan banyak dukungan kepada para pelaku UMKM untuk menggunakan platform digital untuk mengembangkan bisnis. selain itu juga, jika kita tidak bisa membuat konten yang pas, maka pelaku usaha bisa menjalin kerja sama dengan para konten kreator lainnya sesuai dengan target marketing kita, yang juga telah di sediakan dalam fitur-fitur setiap paltform digital dalam marketplace.

Walaupun kita tidak pandai dalam pembuatan atau rekaman dalam memasarkan atau menawarkan produk kita, maka kita banyak mengandalkan teman-teman kreator dan saling berbagi ilmu dalam penggunaan platform dalam dunia digital. yang dimana telah diakui oleh nya setelah bergabung platform dunia digital, Dan saat ini penjualannya bertumbuh pesat dan signifikan 95% persen dalam penjualan melalu platform digital.

"Melalui konten ini mulailah produk kami populer dan mendapatkan banyak penjualan," ujar Rifki (pemilik toko sepatu) dari sini saya selalu berfikir dan berusaha membuat konten yang menarik, dan memasarkan dengan live streaming, dengan berbagai pelatihan dan strategi pemasaran yang telah diterapkan, dapat mendorong bisnisnya dengan berkembang. bahkan meski belum sekitar satu tahun kami berjualan melalui platform media digital ini konsumennya terus menerus melonjak

" Pengaruh strategi pemasaran kami di platform ini bisa terasa langsung dengan banyak nya jumlah pesanan yang datang dari pengguna Platform Media Digital setiap hari nya. Dengan berkat pertumbuhan ini, kami bisa membuka gudang tambahan serta memberikan lapangan kerja kepada lebih banyak orang untuk membantu kegiatan operasional kami," ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan tekad kami terjun kedalam dunia online dan perkontenan, makaini sangat membantu perekonomian teman teman dan keluarga kami, yang dimana masyarakat diluaran sana banyak yang kebingungan untuk memenuhi perekonomian mereka. karena masa pandemi covid - 19 ini benar - benar membuat perekonomian kita turun derastis. "Dengan adanya Platform Media Digital ini, maka siapapun itu bisa menumbuhkan perekonomian masing-masing, yang terpenting ada usaha dan kemauan kita dalam pembuatan konten yang menjelaskan produk kita." ungkapnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun