Mohon tunggu...
Rifani Aliyya Mulika
Rifani Aliyya Mulika Mohon Tunggu... Mahasiswa

Psychology

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Masa Pandemi, Tetap Mengabdi Bersama KKN COVID-UNS

16 Juli 2020   22:26 Diperbarui: 24 Juli 2020   07:19 81 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masa Pandemi, Tetap Mengabdi Bersama KKN COVID-UNS
Dokumentasi Kegiatan KKN UNS Era COVID-19 | dokpri

Supporting Pemahaman Masyarakat mengenai COVID-19 Sebagai Upaya Pencegahan Penularan COVID-19

(Tangerang Selatan, 8 Juli 2020) Dalam rangka melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Era COVID-19, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengeluarkan sebuah alternatif KKN baru yang diberi nama KKN COVID-19. Berbeda dengan KKN pada umumnya, KKN COVID-19 dilaksanakan secara mandiri di lingkungan setempat dan dianjurkan mayoritas kegiatannya bersifat daring. Hal ini diberlakukan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 yang dapat terjadi melalui kontak sosial secara langsung, misalnya lewat berkumpul dan berjabat tangan. KKN UNS Era COVID-19 yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Sebelas Maret telah terlaksana dengan lancar.

Berkat bimbingan dari Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn., selaku dosen pembimbing lapangan, Bapak Mupid, selaku Ketua RT, dan antusias serta partisipasi warga sekitar, KKN COVID-19 yang dilaksanakan di RT 03/ RW 05 Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten pada tanggal 15 Mei-30 Juni 2020 berlangsung dengan cukup sukses. Berawal dari kondisi masyarakat sekitar yang masih belum memiliki pemahaman mengenai pandemi COVID-19 secara merata, hanya beberapa masyarakat saja yang waspada dan selalu menaati protokol kesehatan. Sebagai upaya membantu pemerataan pemahaman masyarakat mengenai COVID-19, Rifani Aliyya Mulika (G0117068) sebagai mahasiswa pelaksana KKN menyusun program-program yang berfokus pada supporting pemahaman masyarakat.

Edukasi pemahaman masyarakat mengenai COVID-19 dilakukan baik secara online maupun offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, dari penempelan poster hingga penyebaran informasi melalui media sosial Instagram & grup Whatsapp seperti informasi persiapan new normal, gerakan cuci tangan, dan berbagai infografis lainnya. Selanjutnya edukasi mengenai penggunaan masker dan disinfektan serta tata cara pembuatannya (do it yourself), edukasi ini dilakukan dengan sistem door to door dan online dilengkapi dengan pembagian alat dan bahan, flyer, serta video pembuatan agar penyampaian edukasi yang ada bisa tersampaikan dengan lebih maksimal. Program-program dilaksanakan dengan tujuan supaya masyarakat dapat memahami secara benar informasi-informasi yang diperoleh dan dapat menjaga diri serta orang lain dari ancaman virus. Dengan demikian, masyarakat dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran virus COVID-19. "Edukasi telah disampaikan kepada masyarakat diharapkan semoga terdapat perubahan perilaku masyarakat" ungkap Rifani, selaku pelaksana KKN UNS Era COVID-19.

Saat bulan Ramadhan, didorong maraknya masyarakat yang tetap memaksakan untuk mudik lebaran, dibuatlah podcast pelatihan yang mendukung pemahaman masyarakat terkait bahaya mudik agar tetap di rumah dan hanya melakukan mudik secara online. Selain itu melihat kurang efektifnya pembelajaran daring bagi anak-anak karena aktivitas yang monoton, dilakukan pembuatan aktivitas-aktivitas yang dapat menunjang pembelajaran khususnya bagi siswa sekolah dasar kelas 1 dan 2 seperti prakarya, presentasi, praktek, dan sebagainya yang disebarkan melalui grup Whatsapp kepada orang tua dalam bentuk lembar kerja dengan penjelasan ataupun video.

Terimakasih banyak kepada pihak UNS yang telah menerjunkan mahasiswanya untuk KKN di wilayah ini, semoga apa yang telah diberikan menjadi bermanfaat untuk warga di wilayah ini, mudah-mudahan warga disini lebih taat untuk menjalankannya

Program-program ini telah dilaksanakan dengan harapan masyarakat RT 03/ RW 05 dapat lebih memiliki kesadaran untuk waspada terhadap penyebaran virus dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi Covid-19. Tanggapan yang baik dan terbuka diberikan oleh masyarakat serta Ketua RT setempat, "Terimakasih banyak kepada pihak UNS yang telah menerjunkan mahasiswanya untuk KKN di wilayah ini, semoga apa yang telah diberikan menjadi bermanfaat untuk warga di wilayah ini, mudah-mudahan warga disini lebih taat untuk menjalankannya" ungkap Bapak Mupid selaku Ketua RT 03 Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
 

VIDEO PILIHAN