Mohon tunggu...
Rifan Bilaldi
Rifan Bilaldi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI. Pendidikan adalah gerbang harapan dan bahasa adalah kunci pendidikan. Kita harus menjunjung tinggi pendidikan, pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia

Yuk! Tingkatkan kualitas pendidikan dan mengenal serta belajar bahasa Indonesia untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Rasakan Banyaknya Manfaat Mengikuti Seminar

22 September 2020   23:15 Diperbarui: 22 September 2020   23:27 1089
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar seminar. (Sumber. Seputarilmu.com)

Mencari sebuah ilmu, tidak ada batasannya. Kita bisa mendapatkan sebuah ilmu dari tempat mana saja. Justru semakin banyak tempat untuk meraih ilmu. Maka, semakin banyak pengetahuan yang kita dapat.

Ilmu adalah bagian dari pengetahuan kita dalam mempelajari sesuatu. Dengan adanya sebuah ilmu, kita dapat menjadi pribadi yang terdidik dan yang berwawasan. 

Kita akan menjadi seseorang yang berilmu dari apa yang telah kita pelajari. Dalam mencari ilmu, selain dalam pendidikan formal yaitu di lingkungan pendidikan, kalian juga bisa mendapatkan ilmu dari luar pendidikan formal.

Banyak sekali pelajaran yang dapat kita pelajari dari pendidikan nonformal. Kita bisa belajar dari masyarakat dan juga kegiatan lainnya dalam membahas tentang sebuah kajian pengetahuan. Contoh saja seminar.

Seminar merupakan suatu perkumpulan, pertemuan, atau persidangan yang dilakukan oleh para guru besar atau pun ahli-ahli dalam bidang tertentu, untuk membahas masalah yang terjadi, memberikan materi, dan pengetahuan kepada para peserta yang mengikutinya.

Kegiatan seminar sering kali dijadikan tempat untuk menambah ilmu di luar pendidikan formal. Kita melakukan pendidikan sebatas beberapa tahun, setelah lulus, maka selesailah pendidikan kita. Namun, seminar bisa dilakukan selama kita mampu dan masih hidup.

Di dalam seminar mengkaji membahas permasalahan yang ada, dan diperuntukan kepada peserta seminar agar dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi dengan baik.

Saya paling gemar mengikuti kegiatan seminar sebagai sampingan kegiatan saya, di sela-sela kekosongan kegiatan pendidikan formal. Karena ketika saya mengikuti seminar, saya mendapatkan wawasan yang lebih dari sekadar pengetahuan di lingkungan pendidikan.

Manfaat yang dapat kalian rasakan ketika mengikuti seminar, selain bertambahnya ilmu pengetahuan dan wawasan kalian. Seminar juga dapat menjadikan tambahan pengalaman untuk diri kalian dan dapat menjadi pelengkap untuk riwayat hidup (cv) kalian.

Banyak sekali manfaat yang ada dalam mengikuti kegiatan seminar. Dan itu saya rasakan hingga saat ini, betapa bedanya saya dulu ketika belum mengikuti seminar dan sesudahnya.

Saya mengikuti seminar pertama kali pada tahun 2017, dan itu belum lama saya mulai mengikutinya. Namun, sudah membuat saya ketagihan dan kecanduan dalam mengikuti seminar. Sudah beberapa banyak saya mengikuti seminar dengan tema dan pembahasan yang berbeda-beda intinya masih dalam linkup pendidikan dan bahasa.

Dari banyaknya kegiatan seminar yang saya ikuti, mengahasilkan motivasi eksternal dalam melakukan atau mencapai tujuan yang ditargetkan. Seminar juga telah membawa saya pada pengetahuan yang lebih luas lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun