Mohon tunggu...
Rifa Naila Rizki
Rifa Naila Rizki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semuaaaa! Namaku Rifa Naila Rizki, biasa dipanggil Rifa. Aku merupakan mahasiswi baru UIN Jakarta di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Pembangunan. Lahir di Ibu Kota Indonesia secara de jure, pada 19 Juni 2005. Aku adalah anak sulung dari 2 bersaudara. Sejak kecil, aku memiliki ketertarikan besar pada musik, game, sejarah, sosial, ekonomi dan karya fiksi. Aku adalah seorang ESTP yang ramah dan energik! Aku juga senang bersosialisasi dan mudah beradaptasi. Sama dengan ketertarikanku, tentu saja hobiku adalah mendengarkan lagu, bermain game dan membaca. Ketertarikanku dengan dunia musik dan sosial, aku tuangkan dengan cara mengikuti organisasi. Aku menjabat sebagai Wakil Ketua Paduan Suara SMAN1 Tajurhalang periode 2022/2023 dan menjadi pengurus PMR di sekolahku dulu. Aku senang membaca novel dari negara lain karena budaya dan gaya tulisan yang berbeda, sama seperti alasanku tertarik dengan dunia musik. Dari kecil, aku dibukakan jendela untuk membaca oleh kedua orang tuaku. Aku adalah orang yang ingin tau, dari keinginan untuk tahu suatu hal, biasanya aku membaca beberapa buku atau jurnal dengan topik yang sedang aku minati. Jatuhnya hatiku pada Ekonomi Pembangunan membuatku bercita-cita untuk menjadi seorang Ekonom. Faktor lain yang membuatku bercita-cita menjadi seorang Ekonom adalah anggota keluarga besarku yang didominasi dengan gelar S.E.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review Film "The Maze Runner" (2014)

19 September 2023   18:53 Diperbarui: 20 September 2023   15:16 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

The Maze Runner adalah film thriller aksi distopia fiksi ilmiah yang diangkat dari novel karya James Dashner dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang seorang remaja laki-laki bernama Thomas yang kehilangan ingatannya dan terbangun di dalam Glade dari labirin yang tak berujung.

Tidak hanya sendiri, Thomas terjebak dengan para Gladers yang lain. Gladers adalah sekolompok remaja yang bernasib sama dengan Thomas, tetapi mereka sudah lebih lama bertahun-tahun terjebak di dalam Glade sebelum Thomas datang. Demi keluar dari Glade, mereka harus melalui labirin raksasa yang dijaga oleh monster bernama Griver. Untuk masuk ke dalam labirin pun, mereka perlu menunggu dibukanya pintu labirin. Saat fajar datang, di mulailah petualangan para pelari untuk menyusuri labirin dengan tujuan akhir jalan pulang.

Petualangan mereka mencari jalan pulang tidaklah mudah. Dimulai dengan stok makanan yang menipis membuat mereka menjadi rakus. Siapa yang paling kuat, dialah yang mendapatkan porsi makanan lebih banyak daripada mereka yang lemah. Hal ini membuat Thomas geram. Banyak terjadi ketimpangan juga di hal lain.

Ketimpangan yang lain itu adalah hak untuk berpendapat. Mereka yang berkuasa berhak mengirimkan Glader masuk ke dalam labirin walaupun mereka bukan pelari. Keadaan semakin kacau karena beberapa Glader mati ditangan Glader lainnya. Mereka saling menyerang satu sama lain karena berbeda kubu dan pendapat.

Faktor yang membuat Glader mati adalah pintu labirin yang tiba-tiba tidak bisa tertutup saat malam. Tidak tertutupnya pintu labirin membuar para monster masuk ke dalam Glade. Melihat keaadan ini membuat Thomas semakin ingin keluar dari ke kacauan ini. 

Ia membuat kelompok sendiri untuk merencanakan diri keluar dari labirin. Dini hari, Thomas dan kelompoknya mengendap-endap lari menuju labirin yang diajak oleh para Glader yang memberontak. Walaupun berhasil, mereka harus berhadapan dengan banyak Griever yang mendiami labirin raksasa tersebut.

Banyak Glader dari kelompok Thomas yang tumbang di jalan karena serangan Griver. Selain diburu oleh monster, mereka juga dikejar oleh para pemberontak. Satu demi satu kelompok Thomas tumbang, kelaparan, dehidrasi, diserang monster dan yang paling disayangkan adalah terpeleset jatuh kebawah.

Bentuk labirin pun berganti setiap 15 menit sekali membuat mereka harus terus berlari untuk mencari jalan keluar. Setelah di kejar oleh para monster, Thomas menemukan jawaban dari tujuan mereka memasuki labirin raksasa yang terkutuk ini. Jalan pulang sudah didepan mereka.

Jalan keluar yang mereka inginkan tidak sesuai ekspetasi mereka. Yang mereka temukan hanyalah lab. Labnya tidak ada kehidupan sama sekali. Mereka mulai menyadari bahwa mereka hanyalah tikus percobaan lab. Keinginan tau mereka dengan siapa yang membuat mereka masuk ke dalam Glade

WCKD adalah nama organisasi yang  Thomas temukan di lah tersebut. Thomas bereaksi aneh saat membaca nama tersebut. Ia merasa mual dan bahkan pingsan. Saat itu potongan memori Thomas tiba tiba muncul, ia merasa dj vu

Thomas dan kelompoknya menjadi bingung, mereka merasa kehilangan jati dirinya. Mereka mulai bertanya-tanya, siapakah nama aslinya, darimana dia berasal dan dunia apakah yang mereka tempati sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun