Mohon tunggu...
Rifaldi Andzani
Rifaldi Andzani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Desa Wisata Cisande, Wisata yang Penuh Edukasi hingga Atraksi

12 November 2022   18:29 Diperbarui: 12 November 2022   18:46 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diiringi rasa kagum tak berkesudahan melihat mentari dihiasi bentangan sawah yang begitu asri dengan udara segar yang perlahan terhirup di pagi hari, seperti itulah pagi hari di desa wisata Cisande yang berada di Kabupaten Sukabumi yang memiliki ragam wisata edukasi hingga atraksi.

Wilujeung Sumping sebuah sapaan dan senyum ramah menandakan kehangatan warga desa untuk siapa saja yang singgah disana. Sejauh mata memandang dihiasi gerak lincah warna -- warni dari ikan hias yang bertaburan di dalam kolam hasil dari wisata edukasi budidaya ikan hias menjadi daya Tarik tersendiri dan sumber kehidupan bagi warga sekitar.

Keramahan warga memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung datang, keindahan yang tercipta mengajak wisatawan untuk tak perlu ragu menikmati keindahan agrowisata yang merupakan keunggulan desa wisata Cisande, demi menjaga keindahannya menerapkan protokol Kesehatan dan kebersihan menjadi hal utama demi terjalin rasa aman, nyaman, Bahagia, dilengkapi alam desa Cisande yang luar biasa mempesona.

Salah satu agrowisata yang menarik adalah wisata edukasi bercocok tanam, kegiatan bercocok tanam juga dihadirkan untuk anak -- anak PAUD sampai sekolah dasar. Bagi kalian yang kebetulan mengelola sekolahan. Mengunjungi Desa wisata Cisande untuk pembelajaran bagi siswa siswi agar mengenal alam, budaya dan bisa bercocok tanam langsung. Selain itu, ada pula kegiatan edukasi lainnya seperti budidaya ikan hias dan lele sebagai implementasi edukasi peternakan.

Hari yang cerah dipadukan dengan suara hembusan angin seolah memanggil dan menuntun kearah pesona desa wisata Cisande. Potensi wisata edukasi yang ditawarkan memberikan kepuasan yang tak ternilai harganya.

Beragam atraksi yang lahir dari kreativitas warga desa menggambarkan keunikan yang menjadi ciri khas dari desa wisata cisande. Keberagaman adat dan budaya dari berbagai usia merupakan anugerah terindah pemberian yang maha kuasa. Demi menjaga kebudayaan yang untuk terus menyala.

River tubing misalnya merupakan salah satu kegiatan khusus yang paling populer bagi para wisatawan. kita bisa menikmati petualangan air River Tubing ini mulai dari 120.000. Wisatawan akan memiliki pengalaman dan kesenangan menyusuri sungai dengan ban besar. 

Kita akan diajak menikmati derasnya arus sungai Cimahi selama dua jam yang seru dan menantang. Bagi kalian yang menyukai wisata ekstrim tentunya jangan sampai melewati salah satu destinasi wisata yang satu ini.

Selain itu, atraksi rebana dan pencak silat sunda dapat dilihat di desa wisata Cisande. Ini adalah bagian dari wisata budaya dan edukasi yang ditawarkan oleh Desa wisata Cisande. Jika wisatawan ingin trekking, kitab isa melihat keindahan alam Sukabumi di bukit Cemara. Pendakian selama 2 hingga 3 jam dengan pemandangan yang indah bis akita nikmati dengan tarif mulai dari 20.000. Berbicara mengenai keberagaman adat dan budaya dari berbagai usia, desa wisata Cisande memiliki marching band Opa-Oma yang memiliki keunikan yakni anggotanya rata -rata berusia 50 -- 70 tahun.

Buah tangan hasil keterampilan warga desa yang membuat sandal jepit, permainan tradisional, anyaman bambu, hingga rumah produkasi batik dan pakaian khas pangsi menjadi daya Tarik serta mendorong masyarakat lebih berdaya. Beragam produl lokal tersebut bisa dijadikan oleh -- oleh khas dari desa wisata Cisande.

Bagi wisatawan yang menyukai wisata kuliner tak perlu khawatir, kita bisa berkunjung ke taman kuliner yang berisi angkringan dan warung kopi dan uniknya wisatawan diberikan fasilitas kelas memasak masakan khas tradisional Desa Cisande. Di temani gelak riang serta canda yang tercipta memberikan nilai tersendiri mengajarkan akan nilai kebersamaan untuk saling menghargai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun