Mohon tunggu...
Rizky Syaifurrahman
Rizky Syaifurrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - oke

belum pasti

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Universitas 'Aisiyah Yogyakarta dalam Mencegah Bertambahnya Angka Covid-19 di Yogyakarta

28 Januari 2022   22:40 Diperbarui: 28 Januari 2022   22:49 44 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Jumlah masalah  virus corona di Indonesia semakin meningkat. Masalah yang semakin bertambah membuat jumlah kasus infeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia yang kala itu semakin bertambah banyak. Maka dari itu Kita harus mengikuti prosedur medis atau mengikuti protokol kesehatan yang telah diberlakukan oleh pemerintah Indonesia. Protokol kesehatan ini bertujuan untuk mencegah penularan virus corona dan meminimalisir peningkatan jumlah masalah penularan yang terus bertambah kala itu. 

Peraturan kesehatan mengatur penggunaan masker rajin mencuci tangan dan  menjaga jarak. Ini bukan hal yang mudah karena itu bukan  norma bagi kita semua. Namun, kita harus bekerja lebih keras lagi untuk tetap mengingatkan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita serta orang lain untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada masalah lagi dan pandemi segera berakhir. Banyaknya korban dan bertambahnya kasus covid-19 yang meningkat ini merupakan hal yang cukup menyendihkan. Namun, itu juga sebagai pengingat bahwa kita tidak boleh semau kita dan mengabaikan protokol kesehatan yang ada di Indonesia ini.

Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) merupakan salah satu kampus terpadu di Yogyakarta yang menyelenggarakan program pertukaran pelajar lokal dan internasional. Namun, kini dengan adanya pandemi covid-19 ini program tersebut terkendala dan untuk belum di buka kembali karena pandemi ini belum usai sampai detik ini. Bahkan untuk mencegah penularan covid-19 ini kegiatan pembelajaran kuliah di Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta menerepkan kuliah hybrid dimana tidak semua mahasiswa masuk secara offline melaikan ada yang masih online sampai sekarang. Mereka yang sudah melakukan kuliah offline ini merupakan beberapa program studi yang memang harus melakukan praktikum secara offline. 

Walaupun secara offline dari pihak UNISA pun tetap melakukannya dengan kapasitas yang terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan nantinya saat akan diadakan kuliah offline di semua program studi pun tidak sembaragan, melaikan melalui sebuah survei. Survei itu berdasarkan kesanggupan dan atas izin orang tua untuk memperbolehkan anaknya mengikuti kuliah offline. Namun, jika tidak maka pihak kampuspun tidak melarang mahasiswa untuk tetap melakukan kuliah secara online. 

Tidak hanya dengan melakukan kuliah secara hybrid saja, namun UNISA dalam melakukan pencegahan penularan angka covid-19 khususnya di daerah Yogyakarta juga melakukan hal lain pula. Seperti, saat masa pandemi ini UNISA telah mengirimkan  aktivis ataupun relawan untuk memantau dan mengikuti penanganan pasien yang terkena virus covid-19. Tidak hanya itu, mahasiswa UNISA juga membuat sebuah karya berbentuk hand sanitizer. Dimana hand sanitizer tersebut diberikan kepada masyarakat yang berada di sekitar kampus Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan