Mohon tunggu...
Politik Pilihan

Pemilu 2019: Cara Menjadi Pemilih yang Bijak

26 Maret 2019   22:52 Diperbarui: 26 Maret 2019   23:07 0 1 1 Mohon Tunggu...
Pemilu 2019: Cara Menjadi Pemilih yang Bijak
Sumber gambar: DetikNews

Tak terasa kini warga Indonesia akan kembali menentukan pemimpin dan masa depan negara untuk lima tahun ke depan. 17 April 2019 akan menjadi hari dimana masyarakat akan memilih suara untuk keberlangsungan negara. Ya, bulan April akan menjadi bulan yang cukup panas karena diselenggarakannya Pemilu ini. Namun, sudahkah anda mengetahui siapa calon pemimpin yang akan dipilih? Apakah anda telah cukup mengenal calon-calon pemimpin yang akan memimpin negara kita selama lima tahun ke depan?

Cara Menentukan Calon Pilihan Capres-Cawapres Sebelum Pemilu

Debat calon presiden dan calon wakil presiden memang menjadi salah satu faktor yang akan menentukan pilihan kita saat Pemilu nanti. Tetapi, kita sebagai pemilih juga harus teliti dalam menentukan pilihan kita, sehingga tidak mudah tertipu dengan janji-janji manis yang disampaikan para calon saat debat.

"Tentukan pilihanmu dengan benar, dan jadilah pemilih yang bijak"

Oleh karena itu, artikel ini akan merangkum empat cara untuk menentukan calon pilihan kita sebelum Pemilu, demi masa depan negara yang lebih baik.

1. Menonton Debat

Sumber gambar: Tribun Medan
Sumber gambar: Tribun Medan
Debat menjadi salah satu tontonan yang tidak boleh dilewatkan saat memasuki masa-masa Pemilu. Melalui debat, kita akan lebih mengetahui kompetensi tiap calon melalui argumen-argumen yang mereka sampaikan, validitas data yang disampaikan, serta kredibilitas calon.

2. Mengikuti Isu Terkini Seputar Politik

Sumber gambar: NU Online
Sumber gambar: NU Online
Isu dan berita soal politik menjelang Pemilu pasti akan sangat ramai dibicarakan. Tidak ada salahnya setelah selesai berkegiatan di sore hari, anda beristirahat sejenak sembari menonton berita bersama orang tua. Diskusi soal politik bersama orang tua akan terasa mengasyikkan karena kita dapat mengetahui perspektif lain soal politik dari sisi orang tua.

3. Searching

Sumber gambar: Youthmanual
Sumber gambar: Youthmanual
Kita saat ini sangat dimudahkan dengan adanya teknologi serta informasi yang dapat diakses darimana saja. Jadi, manfaatkanlah teknologi ini agar kemampuan kita dalam menganalisis suatu isu atau masalah menjadi lebih terasah dan berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN