Mohon tunggu...
Mochamad RidzkyPratama
Mochamad RidzkyPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030065)

Wazzup dude. A melancholy pragmatis. Sleepy head with slanted eyes.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bukan Hanya Juara Bertahan, Portugal Memang Pantas Diunggulkan di Euro 2020

13 Juni 2021   12:02 Diperbarui: 13 Juni 2021   12:06 156 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukan Hanya Juara Bertahan, Portugal Memang Pantas Diunggulkan di Euro 2020
Timnas Portugal (sumber: (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA via Kompas Bola)

Portugal diunggulkan di Euro 2020 bukan hanya karena memiliki label juara bertahan Euro, tetapi Portugal memiliki komposisi skuad yang lebih baik dibandingkan dengan jajaran pemain yang memenangkan Euro 2016 lalu. Fernando Santos selaku pelatih Portugal telah mengumumkan penggawa yang akan bersaing di Euro 2020 nanti. Isinya tentu dipenuhi dengan pemain berkualitas.

Jajaran pemain Portugal diisi dengan komposisi pemain yang mumpuni, seperti Joao Felix, Diogo Jota, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Pedro Goncalves, hingga Renato Sanches di lini serang. Di lini pertahanan tim asuhan Fernando Santos punya Ruben Dias, Joao Cancelo, dan dua bek tengah veteran Jose Fonte serta Pepe.

Kesolidan dan adaptasi Portugal di partai turnamen-turnamen besar tidak diragukan lagi. Jika Portugal tidak terlalu mengandalkan Ronaldo untuk mencetak gol, tidak musthil untuk Selecao Das Quinas -- julukan Portugal -- dapat mempertahankan gelar juara bertahan Euro.

Akan tetapi, Portugal mesti lolos dari grup F yang disebut sebagai grup neraka. Portugal tergabung di grup F bersama Prancis, Jerman, dan Hungaria. Upaya Portugal untuk mempertahankan gelar juara bertahan mesti melalui jalan yang sulit, tergabung di grup neraka bersama Jerman dan Prancis. Prancis dan Jerman diyakini akan menjadi penjegal utama Ronaldo, dkk. dalam niat mereka untuk mempertahankan gelar. Ditambah lagi, Prancis telah dikahlahkan pada partai final Euro 2016.

Namun, hal itu tidak membuat Ronaldo -- selaku kapten timnas Portugal -- gentar. Ia justru makin termotivasi menatap gelaran Euro tahun ini. Pemain berusia 36 tahun itu bertekad akan membawa Portugal meraih kemenangan pada setiap laga.

Jika Portugal bisa lolos dari hadangan grup neraka bersama Jerman dan Prancis dengan meyakinkan, bisa dikatakan jalan Portugal untuk meraih juara gelaran Euro 2020 tidak tertahankan.  

Pada gelaran Euro 2020 ini, Portugal sudah sangat berbenah dalam komposisi pemain. Salah satunya adalah Ruben Dinas. Bek tengah Manchester City ini adalah kekuatan Pep Guardiola untuk menjuarai liga inggris. Duetnya bersama Aymeric Laporte adalah jaminan bagi amannya gawang Manchester City yang dijaga oleh Ederson Moraes. Ruben Dias sangat tenang, kuat dalam duel udara juga memiliki akurasi umpan yang baik saat timnya melakukan pembangunan serangan dari bawah.

Jika pada gelaran turnamen sebelumnya Portugal memiliki Pepe beringas, pada gelaran Euro 2020 ini, Portugal memiliki Ruben Dias. Pemain belakang dengan level satu tingkas di atas Pepe pada masa kejayaannya. Pepe yang masih berada di barisan lini pertahanan Portugal untuk Euro 2020 ini diharapkan dapat mewariskan mental juara pada junionrya.

Selain Ruben Dias dan Pepe, di lini belakang Portugal masih memiliki dua bek sayap yang sangat kuat, yaitu Rapahel Guerreiro dan Joao Cancelo. Guerreiro telah teruji kemampuannya bersama Dortmund. Sementara Joao Cancelo telah menjelma menjadi salah satu bek sayap terbaik di dunia dalam skema sepak bola menyerang ala Pep Guardiola. Keberadaannya di lini pertahanan Manchester City bersama Ruben Dias adalah harta karun dari Portugal.

Di lini tengah, Portugal tak perlu diraguakan lagi. Portugal termasuk yang paling komplit pilihan pemain tengahnya. Portugal memiliki nama-nama sekelas Bruno Fernandes dan Bernardo Silva, dua bintang sepak bola yang sedang berada pada puncak kariernya.

Bruno tak perlu diragukan lagi, ia menjadi top skor Manchester United dengan 22 gol di semua kompetisi. Di liga inggris, dia adalah pencetak gol terbanyak ketiga dengan 18 gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN