Mohon tunggu...
Mochamad RidzkyPratama
Mochamad RidzkyPratama Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030065)

Wazzup dude. A melancholy pragmatis. Sleepy head with slanted eyes.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Yuk Kenalan dengan Usaha Rumahan, Cipto Murti!

23 April 2021   23:00 Diperbarui: 23 April 2021   23:50 110 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Kenalan dengan Usaha Rumahan, Cipto Murti!
Facebook.com/SambalCiptoMurti/Photos/a.122883629261250/122883592594587

Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan terbesar serta terbanyak di dunia. Tidak heran, dari daerah Indonesia yang sangat luas ini melahirkan beraneka ragam keunikan yang beberapa diantaranya menjadi ikonik dari daerah tersebut. Salah satunya sepertinya yang ada di Provinsi Yogyakarta, Monumen Tugu.

Daerah Istimewa Yogyakarta, satu dari puluhan Provinsi di Indonesia yang tidak pernah berhenti mempersembahkan kecantikan. Bentang alamnya, keunikan budayanya, dan destinasi wisata yang tak pernah lekang oleh waktu, Yogyakarta senantiasa memanjakan mata. Kota yang akrab dipanggil dengan sebutan kota pelajar itu memiliki ratusan destinasi wisata yang wajib kamu coba, wisata kuliner misalnya.

Tak lengkap rasanya apabila kamu berkunjung ke jogja tapi tidak berburu kulinernya. Wisata kuliner di sini sendiri ada banyak dan bisa kamu jadikan buah tangan pula, mulai dari bakpia, gudeg, geplak, yangko, coklat monggo, kerajinan perak kotagede, kaos dagadu dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, kini terdapat banyak oleh-oleh kekinian yang salah satunya adalah Sambal Botol yang diproduksi oleh Cipto Murti. Hah?! Cipto Murti? Baru denger nih aku. Bagi kalian yang belum kenal Cipto Murti, yuk kenalan!

DOKPRI
DOKPRI
Cipto Murti merupakan salah satu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berada di Yogyakarta. "Usaha UMKM ini bergerak di bidang makanan, yaitu kue kering sejak tahun 1994 jadi hanya beroperasi saat bulan puasa saja. Mulai Juli 2019, kami mengembangkan bisnis berupa sambal botolan yang beroperasi setiap hari. Untuk kue kering sendiri masih beroperasi hingga kini selama bulan Ramadhan." Ucap Condro Kusumo yang kerap disapa Coco, pemilik UMKM ini. 

UMKM ini awalnya merupakan bisnis keluarga saja, yang mana tenaga kerja dari UMKM ini hanya mengandalkan pihak internal saja yaitu keluarga. Namun seiring berjalannya waktu, usaha rumahan Cipto Murti ini mulai banyak dikenali orang dan mereka mulai menggunakan tenaga kerja eksternal atau tenaga kerja dari luar yang berjumlah 3 orang untuk membantu bagian produksi kue kering, sementara untuk bagian produksi sambal sendiri berjumlah 1 orang. 

Untuk UMKM ini berlokasi di daerah Tamansiswa tepatnya berada di Jalan Suparman, Surokarsan MG 2 No. 515, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta. Kalau kamu ingin memesan kue kering/ sambal botolnya kamu bisa menghubungi mereka di akun social media Facebook Cipto Murti dan Instagram @ciptomurti atau kalian juga bisa order via Shoppee dan Tokopedia juga loh.

DOKPRI
DOKPRI

Nah. Dalam masa bulan Ramadhan seperti saat ini ini, Cipto murti dapat dibilang sebagai UMKM yang tergolong cukup aktif karena terdapat banyak sekali permintaan customer. 

Kue kering Cipto Murti sendiri cukup popular dikalangan target pasarnya. Seperti Ibu-ibu rumah tangga, warga sekitar, hingga para pelanggan setia Cipto Murti. Tak hanya itu, terkadang mereka juga memasukkan kue kering ini ke Supermarket loh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN