Ridzki Januar Akbar
Ridzki Januar Akbar Mohon Tunggu... -

-Alumni Perencanaan Wilayah dan Kota ITB angkatan 2008\r\n-Peserta Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada 2010-2011\r\n-Project Supervisor Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada 2013-2014

Menikmati Pesona Sumatera: (1) Jadwal dan Teman Perjalanan

27 Januari 2015   23:27 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:15 91

Pada awal Januari 2015 tepatnya tanggal 3-11 yang lalu, saya dan ketiga teman saya memutuskan untuk melakukan perjalanan menjelajahi Pulau Sumatera, berawal dari Padang - Bukittinggi - Pulau Samosir dan Danau Toba - Bukit Lawang - Sabang - berakhir di Banda Aceh. Perjalanan ini diawali dari rasa penasaran saya akan objek wisata di Sumatera, seperti melihat Jam Gadang yang megah dan bersejarah, mengunjungi Danau Toba yang selalu diajarkan di Pelajaran Geografi (IPS) sejak SD sebagai danau terbesar di Indonesia, serta bagaimana kemegahan Mesjid Baiturrahman yang tetap kokoh saat diterjang Bencana Trsunami.

Rasa penasaran ini selanjutnya diekspresikan dengan mencari destinasi wisata baik dari internet maupun dari teman yang pernah berkunjung ke lokasi wisata yang bersangkutan. Selanjutnya destinasi wisata tersebut dituliskan dalam  susunan jadwal perjalanan. Rencana perjalanan ini sebenarnya sudah siap sejak Bulan November tahun lalu, dan saya pada awalnya berencana untuk melakukan solo backpacking. Namun setelah dipikir - pikir akan sangat sepi rasanya jika saya liburan seorang diri, maka saya memutuskan untuk mengajak teman yang tertarik dalam perjalanan ini.

Akhirnya setelah menanyakan kepada teman - teman, terkumpulah 3 orang yang tertarik menjelajahi Sumatera. Sengaja saya membentuk tim kecil karena ini pertama kali saya merencanakan dan melakukan perjalanan. Selain itu saya memang merencanakan agar tim berisi jumlah orang yang genap (4 orang) agar hemat dalam menginap atau menyewa sepeda motor. Setelah mencari waktu yang pas sesuai jadwal masing - masing, dan menghindari cuaca buruk selama perjalanan, akhirnya saya dan ketiga teman saya setuju untuk memulai perjalanan selama 9 hari, 3-11 Januari 2015.

[caption id="attachment_348276" align="aligncenter" width="560" caption="Explorer of Sumatera ki-ka  Byna, Ridzki (saya), Julian, Ikhwan"][/caption]

Kami memulai  perjalanan dari Jakarta menggunakan pesawat menuju Padang, dan mengakhiri perjalanan dengan pesawat juga dari Banda Aceh menuju Jakarta. Sementara di Pulau Sumatera kamu bepergian melalui transportasi darat dan laut tentunya ketika menyeberang ke Pulau Weh.

Berbekal itinerary  di bawah ini dan informasi mengenai tempat menginap dan transportasi selama di Sumatera, berangkatlah kami menuju Pulau Sumatera.

3- 11 Januari 2015

oMiniatur Makkah

·Istirahat di penginapan

(Minggu, 4 Jan) Day 2 :

·Pagi Bus Padang-Bukittinggi (Stop di Air Terjun Lembah Anai)

oNgarai Sianok

oJam Gadang

oLobang Jepang

oTembok Raksasa Bukittinggi

·Malam Bus Bukittinggi-Prapat

(Senin, 5 Jan) Day 3 :

·Ferry Pelabuhan Tiga Raja (Parapat)-Tuktuk (P. Samosir)