Mohon tunggu...
Ridwan Luhur Pambudi
Ridwan Luhur Pambudi Mohon Tunggu... Mitigasi26

Numismatik • Astronomi • Mitigasi • Multimedia #BudayaSadarBencana #SantaiPakaiNonTunai

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Diluncurkan Besok, Seperti Inikah Desain Uang Peringatan HUT ke-75 RI?

16 Agustus 2020   20:55 Diperbarui: 16 Agustus 2020   21:15 188 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Diluncurkan Besok, Seperti Inikah Desain Uang Peringatan HUT ke-75 RI?
Beredar foto diduga uang peringatan HUT ke-75 RI yang akan diluncurkan pada 17 Agustus 2020. (Dok. Istimewa)

Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan rencananya akan meluncurkan uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan Indonesia pada Senin (17/08) besok. Peluncuran ini bertepatan pada hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia.

Dilansir dari detikcom. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Rahayu Puspasari membenarkan rencana tersebut.

"Betul. Pemerintah dan Bank Indonesia besok akan meluncurkan pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia," ujarnya kepada detikcom, Minggu (16/8/2020).

Sebelumnya, dunia numismatika (koleksi uang lama) Indonesia telah menduga peluncuran ini. Pada peringatan 3/4 abad Republik Indonesia, rasanya akan kurang lengkap jika tidak ada sesuatu yang baru. Para pemain numismatika menduga kemungkinan tersebut adalah peluncuran uang kertas peringatan, uang baru, uang logam peringatan, perangko, atau mungkin test note.

Benar saja, dugaan itu akan terlaksana pada tepat peringatan HUT RI besok. Namun, kehadiran 'sesuatu yang baru' tersebut belum dapat dipastikan dalam bentuk apa, apakah kertas, logam, atau mungkin plastik polymer.

Pada sore ini menjelang hari-H, kabar peluncuran uang peringatan tersebut makin hangat terasa di klub numismatika. Di facebook salah satunya, beredar foto diduga uang peringatan HUT RI yang akan diluncurkan besok. Masih belum jelas kebenarannya, namun jika dilihat dari foto tersebut rasanya sangat memungkinkan bahwa seperti itulah wujud uang yang akan diluncurkan besok.

Foto menampakkan desain depan dan belakang yang diduga uang peringatan HUT RI. (Dok. Istimewa)
Foto menampakkan desain depan dan belakang yang diduga uang peringatan HUT RI. (Dok. Istimewa)
Desain dalam foto terlihat gambar sang proklamator RI, Soekarno - Hatta di bagian depan dan baju adat dari berbagai wilayah Indonesia di bagian belakang. Selain itu, ikon keindonesiaan terlukis lengkap dalam desain tersebut, antara lain foto sejarah, wayang, kain tradisional, peta indonesia, hingga pembangunan.

Tampak uang 75.000 rupiah ini ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Layaknya uang yang beredar saat ini, uang peringatan tersebut juga dilengkapi sejumlah unsur pengaman, antara lain rectoverso, blind code, pita pengaman, dan mungkin saja watermark. Uang ini bukanlah untuk diedarkan, melainkan lebih ke kebutuhan koleksi bagi para numismatis.

Hingga artikel ini ditulis, belum dapat dipastikan kebenaran desainnya. Namun, jika melihat detail dan sampul khusus yang terlihat di foto, rasanya inilah yang akan diluncurkan besok.

Dilansir dari Liputan6, peluncuran ini akan ditayangkan secara live streaming di kanal YouTube Bank Indonesia Channel besok pukul 11.15 WIB.

VIDEO PILIHAN