Hijau

Kehidupan Bermanfaat dengan Pohon Pisang

12 Oktober 2017   13:02 Diperbarui: 12 Oktober 2017   13:27 846 0 0
Kehidupan Bermanfaat dengan Pohon Pisang
Dokumentasi Pribadi

selamat siang semua. Disini saya akan menjelaskan apasih manfaat dari pohon pisang untuk kehidupan. Sebenarnya pohon pisang dipandang tidak terlalu menarik. Padahal pohon pisang bisa bermanfaat untuk kehidupan. Adapun fungsinya dari bawah sampai atas berfungsi semua. Pohon pisang sering di pandang sebagai tanaman yang dianggap kampong atau pohon pedesaan. Oke langsung saja apasih manfaat dari pohon pisang.

1. akar/bonggol: mempunyai kandungan air yang sangat banyak sehingga pada saat kesulitan mencari air bersih, gunakan saja bonggol pisang untuk mendapatkan air. Caranya cukup buat coakan pada bonggol pisang, tunggu kurang lebih setengah jam maka akan didapatkan genangan air ditengah coakan tersebut dan layak langsung diminum. Adapun fungsi lain yaitu biasanya sering saat acara 17 agustus dipakai untuk lomba mengambil koin dan tentunya sangat seru apalagi dicampur dengan kecap dan tepung, Coba saja.

2. Batang: batang pisang sendiri memiliki tekstur berlapis-lapis dan mempunyai sifat yang berserat, selain dapat digunakan untuk acara-acara dekorasi pesta namun ada nilai ekonomis lainya yaitu dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Caranya: Batang pisang yang telah disortir dengan kualitas yang baik dijemur pada panas matahari. Biarkan sampai kering. Selanjutnya bentuk sesuai keperluan. Bisa berupa tali untuk bahan dasar tas atau digunakan dalam bentuk lembaran dengan diberikan motif tertentu. Sebanarnya masih banyak lagi manfaatnya tergantung kreatifitas tangan masing-masing.

3. Pelepah batang: nah, disini pasti adakan yang dulu waktu kecil jatuh dan langsung diberi getah pelepah batang pisang. Sebenarnya itu merupakan cara yang ampuh untuk mengobati luka. caranya: pangkas pada bagian pangkal pelepah dan teteskan getang pohon pisang pada bagian yang terluka. Tidak lama kemudian darah yang keluar akan berhenti. Tapi jangan sampai nangis ya saat di berikan getah tersebut. Karena getah tersebut mengandung saponin, antrakuinon, dan kuinon yang dapat berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit sehingga pada saat diberikanya getah tersebut ke dasar yang terluka akan terasa sangat perih tapi tentunya rasa tersebut hanya sebentar dan darah yang keluar bisa langsung kering.

4. Daun dan Buah: nah disini sebelumnya pasti sudah tahu apa fungsi dari daun dan buah pohon pisang. Untuk daun sendiri memiliki macam-macam fungsi seperti = media pembungkus makanan, Hiasan upacara adat dan tentunya masih banyak lagi. Untuk buah pasti sudah tau apa fungsinya selain untuk makanan juga memiliki nutrisi tinggi, buah juga memiliki manfaat untuk kecerahan kulit wajah.

Terimakasih sudah membaca.

Have a nice day.