Mohon tunggu...
RIDHWAN DWIW
RIDHWAN DWIW Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Osis,sekertaris,pencapaian menyelsekan masalah keruwatan osis

Sepakbola/tetap bekerja keras walaupun sulit/konten yang di sukai olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNTAG: Mahasiswa Bantu Penyuluhan dengan Menggunakan Metode Pemasaran dan Branding UMKM

26 Juni 2022   09:08 Diperbarui: 26 Juni 2022   09:19 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. KKN rasanya sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Bahkan, kegiatan tersebut diwajibkan di tataran Perguruan Tinggi di Indonesia sebagai pertanggungjawaban atas aplikasi disiplin ilmu dari teoritis ke empiris serta perwujudan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Salah satunya Universitas 17 Agustus Surabaya.
Kegiatan ini diselenggaran pada setiap tahun sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN biasanya dilakukan secara kelompok akan tetapi kali ini dilakukan secara individu, dikarenakan dengan adanya covid 19 maka situasinya masih dikatakan rawan. Oleh karena itu, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memutuskan melakukan kegiatan KKN secara individu.

Kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh slaah satu Mahasiswa Untag Surabaya, Ridhwan Dwi Wicaksono Fakultas Teknik  Prodi Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945. Kegiatan KKN yang dilaksanakan 12 hari dengan di dampingi oleh Bapak. Ahmad Habib,S,Kom.M.M.   Dan nama mitra yang kita akan melakukan kegiatan  KKN adalah Arsenio Cake. 

Dalam Berapa Bulan ini masyarakat Gersik daerah Kec.driyorejo Mulai melakukan aktivitas di era New normal   beberapa Pelaku UMKM masih sulit dalam membangkitkan usahanya karena nyatanya masih banyak umkm yang bergantung dengan jualan di pasar atau keliling ditempat tempat umum . 

Hal itu membuat pendapatan umkm belum bagus .seperti dialami umkm di Desa wedoro anom ,RT.03/RW01.Kec.Driyorejo Gersik  sealama ini dalam melakukan pemasaran atau pun dalam melakukan pembuatan brand sangat kurang baik dikarenakan umkm atau ibu ini masih belum mengerti ap aitu brand dan cara pemasraan di era new normal ini bagaimanah dan dengan adanya saya Ridhwan dwi w KKN Untag Surabaya  bisa bergerak membantu apa yang di alami umkm tersebut.

Dalam Pelaksanaan Pendampingan ini dilaksankan selama 12 hari, Materi yang kami berikan nanti kepada umkm kami akan melakukan seringkas ringkasnya dan berharap umkm mengerti dengan materi kita maka dari itu kita akan melakukan pembuatan materi dengan singkat jelas dan padat. Pelaku UMKM akan di berikan pelatihan terkait Branding ataupun memanfaatkan media social sebagai peluang usaha dan sebagai media pemasaran. 

Dalam pengemebangan umkm ini kita akan melakukan dalam pengembangan mulai dari pembuatan Branding/Logo sebelumnya belum ada logo, logo sendiri sangat penting karena logo adalah identitas atau penanda dari umkm agar bisa mudah di bedakan atau dikenal,setelah itu akan dilanjutkan membuat stiker atau poster. Setelah itu kita akan membuat kan media sosial seperti Instragam Bisnis ,Facbook, sebagai memperluas jaringan pasar  dan  mudah dikenal masyarakat di media sosial.

Apa aitu Branding, Branding adalah suatu proses untuk memberi nilai terhadap suatu organisasi,UMKM,Produk atau layanan dengan cara menciptakan dan membuat mereka melekat dalam benak dan pikirkan konsumen.Hal ini dapat diwujudkan dengan serangkaian strategi yang di sususn yang biasanya oleh perusahaan untuk membantu masyarakat dalam mengidentifikasi dan memiliki pengalaman terhadap brand produk yang dihasilkan. 

Dan media sosial adalah media yang saati ini diguanakna dalam seluruh umat manusia seluruh dunia. Kebutuhan seperti hiburan komunikasi, mencari sumber informasi merupakan hal yag dapat dilakukan. 

Penggunaan Media sosial sebagai media pemasaran. Penggunaan media sosial sebagai media pemasaran sangat efektif,sudah banyak UMKM melakukanya namun saat ini masih kenyataanya masih ada yang belum mengerti melakukan pemanfaat media sosial sebagai pemasaran. Dan saya berharap kami bisa membantu dalam kegiatan ini agar UMKM lebih maju lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun