Mohon tunggu...
Ridho Yanuar
Ridho Yanuar Mohon Tunggu... Guru - Belajar,belajar, dan belajar

berusaha dan berikhtiar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Aksi Nyata Paket Modul 1.1

30 April 2021   11:25 Diperbarui: 30 April 2021   11:34 7631
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Latar Belakang

Ki hajar Dewantara adalah salah satu bapak pendidikan diindonesia. Atas pemikiran beliau, pendidikan diindonesia mengalami perubahan yang sangat baik. Perubahan sikap dalam melaksanakan pendidikan yaitu dari satria pinandita ke pinandita satria yaitu dari pahlawan yang berwatak guru spiritual ke guru spiritual yang berjiwa kesatria, yang mampu mempersiapkan diri dan peserta didik untuk melindungi bangsa dan negara. Menurut Ki Hajar Dewantara, para guru hendaknya menjadi pribadi yang bermutu dalam kepribadian dan kerohania, baru kemudia menyediakan diri untuk menjadi pahlawan dan juga menyiapkan para peserta didik untuk menjadi pembela nusa dan bangsa. Yang paling utama dari guru sebagai pendidikan adalah fungsinya sebagai model atau figure keteladanan, baru kemudian sebagai fasilitator atau pengajar. Oleh karena itu, nama Ki Hajar Dewantara memiliki makna sebagai guru yang mengajarkan kebaikan, keluhuran, keutamaan. Pendidik dapat pula disebut perantara Tuhan yang berwatak pandita yaitu mampu menyampaikan kehendak Tuhan dan membawa keselamatan.

B. Aksi Nyata dalam kehidupan sehari-hari

perasaan selama melakukan perubahan dikelas sangat senang sekali karena saya merasa bisa menjadi insan manusia yang berguna bagi orang sekitar. walau kita tidak bisa menjadi orang yang kita inginkan, setidaknya kita bisa melakukan perubahan dalam hidup walaupun itu sangat kecil. perubahan itu saya lakukan dalam kegiatan belajar dikelas dimana saat ini dalam mengajar tidak hanya mentransfer ilmu namun kita harus ikhlas mendidik dan merawat peserta didik sehingga peserta didik merasa nyaman dalam belajar.

gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan adalah saya memulai hal ini dari diri saya sendiri. saya mencoba diri sendiri dengan memanajemen waktu. selama ini saya kurang bisa memenejemen waktu dengan baik. saya punya gagasan bahwa kegiatan apa yang ada didepan mata, maka harus segera dilaksanakan agar tidak ada beban dalam diri. saya juga termotivasi untuk melatih menulis karena saya sangat malas untuk menulis. dengan adanya hal ini, saya mau gak mau harus belajar menulis dan mengarang indah.

pembelajaran dan pengalaman dalam catatan baik yaitu bukti suport dari teman sejawat, teman guru dan orang sekitar. mereka semua telah memberi suport yang luar biasa. suport disini dalam artian yaitu sopurt yang baik dan semangat.

untuk bukti foto belum kami bisa share karena ada beberapa kendala teknis.

demikian refleksi aksi nyata dari saya. terima kasih banyak sudah mau membaca. tapi mungkin lebih baik jangan dibaca. he..he..he

Ridho Yanuar Dwi Primayudha

CGP Angkatan 2 Kota Surabaya

SMP Unggulan Amanatul Ummah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun