Mohon tunggu...
Ridho Atha Maulana
Ridho Atha Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seseorang yang ingin belajar menulis dan berbagi informasi terkini serta ilmu pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Stadium 974, Stadion Unik yang Bisa Dibongkar Pasang?

21 November 2022   18:20 Diperbarui: 21 November 2022   18:26 685
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stadium 974, stadion unik yang bisa dibongkar pasang terletak pada Negara Qatar (Sumber gambar: voaindonesia.com)

Stadium 974 merupakan sebuah stadion sepak bola yang berada di Negara Qatar, tepatnya di Distrik Abu Aboud, Doha. Stadion dengan kapasitas 40.000 kursi tersebut merupakan salah satu stadion Qatar yang digunakan untuk pertandingan World Cup 2022.

Letaknya yang dekat dengan bibir pantai, membuat stadion ini paling menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Stadium 974 juga memiliki posisi yang strategis, berada dekat dengan Bandara Internasional Hamad, Bandara Internasional Doha, dan Pelabuhan Doha. Jarak antara Stadium 974 dengan Bandara Internasional Hamad hanya sekitar 1,5 kilometer saja membuat stadion tersebut mudah diakses.

Stadion tersebut mulai dibangun pada tahun 2018 silam, dirancang oleh perusahaan arsitek asal Spanyol bernama Fenwick Iribarren Architects. Lalu dibuka secara resmi pada tanggal 30 Oktober 2021.

Stadium 974 memiliki keunikan tersendiri didalamnya. Stadium 974 dibangun menggunakan kontainer bekas pengiriman barang yang berjumlah 974 buah. Sehingga, stadion ini bisa dibongkar pasang secara utuh sesuai kebutuhan. Semua komponen dari stadion tersebut mulai dari kontainer, bangku penonton, dan tiang-tiang penyangga bisa dibongkar dan bisa dipasang kembali di lokasi lain.  Stadion unik tersebut menjadi stadion pertama didunia yang bisa dibongkar secara utuh.

Stadium 974 dibangun dengan kontainer yang memiliki warna beragam dan memiliki fungsi masing-masing. Kontainer warna biru dibuat untuk tempat penonton membeli makanan dan snacks, kontainer kuning untuk toilet, kontainer hitam untuk prayers room, kontainer silver untuk VIP room, lalu kontainer hijau untuk medical assistance atau tempat pertolongan pertama.

Alasan Stadium 974 dibangun menggunakan kontainer bekas yaitu untuk menghemat biaya pembangunan, karena dinilai lebih sedikit membutuhkan bahan material. Selain itu, dapat mengurangi limbah serta meminimalisir jejak karbon pada saat proses pembangunannya. Meski dengan biaya minim, Qatar tetap memberikan venue dengan kualitas tinggi dan standar internasioanal.

Stadion tersebut dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Stadium 974 menggunakan energi matahari dan terdapat auto climate control system yang akan menjaga stadion tetap dalam kondisi baik agar penonton nyaman menonton pertandingan. Menggunakan pendingin alami, sehingga stadion tersebut mempunyai velintasi alami yang menerima angin laut. Stadium 974 ini bahkan mampu dialih fungsikan menajdi shelter jika terjadi keadaan darurat bencana alam.

Nama stadion ini diambil dari jumlah kontainer bekas yang digunakan untuk membangun stadion tersebut yang berjumlah 974 buah. Selain karena jumlah kontainer, nama stadion ini juga diambil dari kode panggilan Negara Qatar yaitu +974. Stadium 974 juga dikenal dengan nama Stadium Rass Abu Aboud, sesuai nama lokasi stadion tersebut.

Setelah penyelenggaran World Cup 2022 usai, Stadium 974 ini direncanakan akan langsung dibongkar dan akan dikirim ke negara yang membutuhkan stadion bola.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun