Mohon tunggu...
Muhamad Baqir Al Ridhawi
Muhamad Baqir Al Ridhawi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lagi belajar nulis setiap hari.

Blogku sepi sekali, kayaknya cuma jadi arsip untuk dibaca sendiri. Hohohoho. www.pesanglongan.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Tulisan yang Bagus Kataku

26 Februari 2021   21:08 Diperbarui: 26 Februari 2021   21:12 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hari ini aku merasa tidak bisa menulis tulisan yang bagus. Tetapi aku tetap menulis. Soalnya aku tidak peduli tulisanku bagus atau tidak kata orang lain. Yang penting bagus kataku. Dan soalnya aku sudah paham, bahwa tulisan yang bagus menurutku adalah tulisan yang bagus.

Rumus yang sederhana sekali itu aku dapatkan dari membaca tulisan Austin Kleon di Blog-nya. Ditulis olehnya, "tulisan yang bagus seringkali hanya menunjuk pada sesuatu".

Sebentar. Apakah Anda bingung? Kalau iya, maka sama. Sama-sama bingung. Serius. Sama, dulu aku bingung waktu pertama baca itu. Kalau sekarang Alhamdulillah lumayan bingung. Setidaknya lumayanlah.

Oleh karena itu, aku hanya bisa jelaskan dengan ada tambahan kata menurutku. Menurutku, maksudnya menunjuk sesuatu adalah menunjuk betapa menariknya sesuatu itu. Pembaca kita buat hanya memerhatikan sesuatu itu. Maka kita, sebagai penulis kasih tunjuk ke sesuatu itu termasuk detail-detailnya yang membikinnya unik, atau menarik untuk ditunjuk.

Nah, apa yang ditunjuk terserah yang nulis tentunya. Dan sekarang artinya terserah aku. Dan aku mau menunjuk tulisan yang kusebut tulisan yang bagus. Alias aku mau menunjuk tulisan yang ingin kucapai, kutuju. Soalnya kalau sudah mencapai yang kutuju aku merasa sudah mencukupi kadar bagus dalam tulisanku.

Apa saja yang mesti kutuju agar biar tulisanku bagus? Adalah sebagai berikut.

Manfaat

Ini sangat mudah dan pakai sekali. Sebelumnya aku pernah menulis tulisan/esai berjudul, Tiada Yang Tidak Bermanfaat. Makanya ini jadi tidak usah dipikirin banget. Paling kita harus tegas dalam menggarisbawahi apa yang ingin kita anggap sebagai bermanfaat.

Dalam hal ini, tulisan ini, maka manfaatnya adalah mengetahui cara membuat tulisan yang bagus versiku. Atau kalau pingin tidak sombong, manfaatnya adalah mengetahui bahwa ada tulisan macam ini.

Sederhana

Sederhana kalau menurutku adalah tidak mengumbar-umbar kata dengan sia-sia. Juga dapat memahamkan pembaca dengan mudah. Tetapi jika ada kalimat indah atau humor maka tidak masalah, sebab itu tidak sia-sia. Itu menghibur, membikin pembaca senang. Kayaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun