Mohon tunggu...
Muhamad Baqir Al Ridhawi
Muhamad Baqir Al Ridhawi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lagi belajar nulis setiap hari.

Blogku sepi sekali, kayaknya cuma jadi arsip untuk dibaca sendiri. Hohohoho. www.pesanglongan.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kalau Lagi Writers Block

25 Februari 2021   22:04 Diperbarui: 25 Februari 2021   22:13 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Apa yang kalian lakukan---seandainya kalian penulis---waktu mengalami Writers Block?

Eits, sebetulnya aku gak suka dengan kata Writers Block, karena sesungguhnya yang ada itu kemalasan aku menulis dan berpikir (tentunya).

Dan kembali ke pertanyaan lagi, apa yang kalian lakukan? Silakan jawab dalam hati dengan penuh kejujuran. Kalau pingin lebih apik silakan tuliskan itu di kertas, atau di Microsoft Word, atau di note. 

Kalau sudah, ya sudah. Gantian aku ya. Kalau aku biasanya membaca tulisan yang ringan dan lucu. Contohnya, dan biasanya aku baca tulisan Ayah Pidi Baiq, khususnya buku seri Drunkennya. Yaitu ada Drunken Mama, Drunken Molen, dan Drunken.. apalagi ya.. aduh lupa. Pokoknya buku itu isinya aneh banget. Aneh dalam arti aku suka itu. Meski aku merasa dicurangi oleh si penulis buku itu. Masa' ada buku tulisannya kayak gitu. Aku aslinya gak rela kalau ada buku macam itu. Tapi aku suka. Aneh banget sumpah.

Selain, absurd, tulisannya Ayah Pidi Baiq itu seenaknya sendiri. Alurnya mondar-mandir liar. Gak jelas. Tetapi bagusnya, kalau kalian baca itu, kemungkinan kalian mengalami apa yang kualami juga. Rasanya ingin nulis-nulis dengan tanpa berpikir panjang, dengan tanpa peduli jeleknya tulisan yang kita buat. Nah kalau sudah demikian, kan kita tinggal baca ulang tulisan kita. Lalu kita pahat-pahat dikit biar jadi lumayan. Bukan lumayan bagus. Tapi lumayanlah yang penting jadi tulisan juga.

Intinya turunkan ekspektasi dan menulislah seenaknya selagi Writers Block.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun