Mohon tunggu...
rdnsh
rdnsh Mohon Tunggu... Akuntan - Art lover

Salam kenal, semoga hari-hari anda menyenangkan :)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Peran Seni Lukis Sebagai Obat Psikologis

12 Agustus 2019   00:07 Diperbarui: 12 Agustus 2019   21:18 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: pinterest.com/freelandvillegi

Dalam suatu kehidupan, pastinya semua orang mengalami berbagai macam permasalahan. Bukan kehidupan namanya apabila tidak ada permasalahan yang menghampiri. Efek yang kita dapatkan dari permasalahan itu tak lain adalah emosi yang berlebihan, kesedihan, stress, serta depresi. 

Efek tersebut dapat membuat kita melakukan suatu hal buruk yang tidak menutup kemungkinan dapat pula berujung pada kematian. Seperti halnya, menyakiti diri sendiri, menangis sepanjang hari yang dapat mengakibatkan kesehatan menurun, dan lebih parahnya dapat membuat diri kita melakukan tindakan bunuh diri. 

Obat yang dianjurkan oleh dokter tentunya mengacu pada obat anti depresi. Hanya saja, terlalu sering mengonsumsi obat tidak baik bagi kesehatan kita.

Saya pribadi, pernah merasakan hal tersebut. Stress yang melanda membuat diri saya menangis sepanjang hari. Akibatnya, kesehatan saya mulai menurun. Akan tetapi, saya melawan hal tersebut dengan lebih banyak membaca, menulis, dan mencari bahasan terkait kerohanian untuk menenangkan diri.

Berawal ketika saya merasakan stress yang luar biasa. Sambil menenangkan diri, saya membuka aplikasi Youtube dan menemukan suatu program acara yang berjudul The Joy Of Painting. Satu kali saya menonton acara tersebut dengan durasi kurang lebih dua puluh hingga tiga puluh menit dan apa yang saya dapatkan adalah suatu perasaan ingin melukis. 

Sejujurnya, saya tidak dapat melukis dengan baik. Hanya saja setelah menonton program tersebut, keinginan untuk melukis jadi lebih kuat. Keesokannya dengan segera saya membeli peralatan lengkap untuk melukis. 

Mulailah saya untuk melukis sembari menyaksikan acara The Joy of Painting yang dipandu oleh sang pemandu acara yang bernama Bob Ross. Hasilnya, lukisan yang saya buat untuk pertama kali terbilang cukup bagus ketika menyaksikan dan mengikuti teknik melukis Bob Ross.

Robert Norman Ross atau akrab dengan panggilan Bob Ross adalah seorang pelukis, instruktur seni, dan pemandu acara televisi asal Amerika. Ia lahir pada 29 Oktober 1942. The Joy Of Painting merupakan sebuah program televisi yang ia pandu dan ditayangkan pada saluran PBS Amerika Serikat pada tahun 1983 sampai dengan 1994. 

Acara tersebut membuat ia terkenal terutama oleh masyarakat Amerika. Pada acara tersebut, Bob Ross membuat suatu lukisan sambil memandu bagaimana teknik melukis dengan mudah. Berbagai macam kombinasi warna cat nya membuat hasil lukisannya terlihat menjadi lebih nyata.

Ciri khas lukisannya yaitu bertemakan alam dan refleksi. Salah satu episode yang paling saya sukai yaitu berjudul Home Before Nightfall, dimana ia melukiskan suatu rumah pada musim gugur yang berada pada malam hari. Kombinasi warna crimson dan kuning pada dedaunan, membuat kesan bahwa meskipun malam hari terdapat pesona warna musim gugur yang indah dan cerah. 

Serta episode lukisan yang terbilang cukup banyak jumlah like nya yaitu berjudul peaceful reflection. Ia melukiskan suatu pegunungan dan rerumputan yang berhadapan dengan danau sehingga danau tersebut memantulkan suatu refleksi dari dedaunan itu sendiri. Pemandangan itu terkesan seperti genangan air dengan pantulan dedaunan yang indah. Semua lukisannya terlihat sangat nyata. Semakin kita pandang dan nikmati, semakin kita merasa bahwa kita berada dalam lukisannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun