Mohon tunggu...
Ridha Afzal
Ridha Afzal Mohon Tunggu... Perawat - Occupational Health Nurse

If I can't change the world, I'll change the way I see it

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Cepat Percaya pada Iklan Minyak Goreng

4 November 2021   06:58 Diperbarui: 4 November 2021   07:12 200 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokpri. Makanan tidak harus berminyak juga bisa lezat

Tidak ada yang lebih berharga dalam kehidupan fisik manusia selain kesehatan fisik dan jiwa. Betapapun kaya, jika tidak sehat, maka tidak bakal sanggup menikmati hidup. Banyak orang yang kaya materi, tetapi tidak boleh makan ini dan itu oleh dokter. Sekalipun harta berlimpah, tidak habis dimakan tujuh turunan, jika hidup sakit-sakitan, lantas untuk apa semua ini? Sebaliknya, dalam badan yang sehat, kita akan bisa merasakan sangat kaya. Itulah pentingnya menjaga kesehatan jasmani, juga rohani serta mental.

Saya tidak bermasud  menggurui. Hanya saja sebagai orang kesehatan tidak ada salahnya berbagi, ilmu dan pengalaman.

Di era serba digital yang canggih ini, sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan ilmu serta semua informasi terkait masalah kesehatan. Semuanya bisa diakses lewat internet. Google bahkan lebih pintar dari professor kesehatan di zaman sekarang ini. Sekalipun tidak semuaya bisa didapat di internet atau Google, misalnya pengalaman orang-orang yang belum diungkap terkait rahasia hidup sehatnya.

Sebagai perawat, kami sering ketemu dan ngobrol bareng, membicarakan tentang pengetahuan serta pengalaman masing-masing. Di antaranya terkait minyak. Minyak selalu menarik banyak perhatian karena sebagai bahan utama dalam seni masak memasak setiap hari. Minyak sebagai salah satu bahan utama karena memang enak. Setidaknya untuk sementara di lidah. Selebihnya sama saja.

Ada seorang teman, asal Solo, Jawa Tengah, perawat senior. Mbak Ida namanya, yang lama malang-melintang dalam dunia keperawatan. Saat ini mbak Ida sedang bertugas di United Arab Emirates (UAE), pernah mengatakan bahwa jika ingin cepat sakit, yang banyak konsumsi, Santan atau Minyak Goreng. Keduanya membahayakan jika dikonsumsi berlebihan.

Kedua bahan masakan di atas sangat umum digunakan, bukan hanya dalam lingkungan rumah tangga. Juga di warung-warung, depot, restaurant dari yang kecil hingga yang berbintang lima. Semua masakannya enak jika menggunakan santan atau minyak goreng.

Sambil menulis artikel ini, jujur saja, air liur saya mengalir, ikut merasakan kelezatan masakannya.

Mengapa enak dan lezat? Karena rasanya gurih. Hanya saja kita perlu tahu bahwa santan banyak mengandung karbohidrat yang bisa difermentasi dan menambah berat badan. Santan juga mengandung protein dan gula. Santan ini merupakan salah satu sumber asal pembuatan minyak goreng.

Menurut jurnal Nutrition and Metabolism Research, konsumsi santan yang efektif akan  membantu menjaga kadar kolestrol yang baik (HDL) dalam darah, yang menghindarkan peyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk stroke. 

Namun, penggunaan santan yang berlebihan, karena kandungan lemak dan kalori yang tinggi, bisa mengganggu kesehatan pencernaan (diare, sembelit), mual, muntah dan gangguan kardiovaskuler lainnya dalam jangka panjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan