Mohon tunggu...
Ridha Afzal
Ridha Afzal Mohon Tunggu... Perawat - Occupational Health Nurse

If I can't change the world, I'll change the way I see it

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kalau Tidak Mempan Obat, Tobat

6 September 2020   16:00 Diperbarui: 6 September 2020   16:04 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  Pak Panijo saya memanggilnya. Bulan lalu, saya lupa tepatnya tanggal berapa, ketika berbicara dengan menantunya, ba'da Maghrib, katanya baru selesai berdoa bersama. Mereka mengadakan acara syukuran. Semacam Hari Ulang Tahun. Entah tepatnya ke berapa, untuk pak Panijo, yang usianya lebih dari 90 tahun.

Tubuhnya masih tegap, walau jalannya agak sedikit membungkuk. Tetapi fisik masih kuat. Setiap hari ke sawah atau ke ladang.  Masih kuat untuk mencangkul, menanam padi, merumput dan kegiatan sebagaimana petani di desa lainnya.

Rumahnya berada di pinggiran bukit Gunung Butak, sebelah selatan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Di usianya yang sudah jauh di atas rata-rata penduduk Indonesia, Pak Panijo mengantongi resep khusus, membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh. 

Saat saya tanyakan apa resepnya, sambil tersenyum lebar, tidak menjelaskan secara spesifik. "Saya makan minum apa yang ada di sawah dan ladang, kerja rutin setiap hari, istirahat cukup dan tidak terlalu memikirkan beban hidup." Sangat sederhana.

Padahal, Pak Panijo juga perokok. Menu makannya itu-itu saja sebagaimana orang desa di daerah pegunungan. Di luar faktor nasib dan umur yang panjangnya ada di Tangan-Nya, kombinasi dari nature (alam), berupa makanan yang tidak terkontaminasi, udara segar, oksigen murni, kerja dan istirahat teratur, serta bebas dari stress secara relatif, sangat berpengaruh.    

Gaya Hidup

Tidak sedikit orang yang mengeluh karena penyakit menahun yang dideritanya. Saat ini, jenis penyakit yang paling populer adalah panyakit Kardiovakuler. Yakni penyakit kronis yang ada kaitannya dengan fungsi jantung dan pembuluh darah yang disebabkan karena gaya hidup.

Gaya hidup ini sangat berpengaruh terhadap penyakit fisik dan psikologis. Gaya hidup ini berupa kebiasaan makan, minum termasuk menunya, pola istirahat, olahraga, pekerjaan, serta kemampuan adaptasi terhadap stress.

Kebiasaan makan kita dengan mengkonumsi makanan yang mengandung zat pengawet misalnya, akan berpengaruh besar terhadap fungsi ginjal dan hati. Sebagai orang kesehatan, tentu saja kami pelajari itu semua.

Namun saat ini, tidak sedikit orang kesehatan yang kurang peduli, mereka mengkonumsi jenis makanan yang demikian. Mereka tidak peduli apakah makanan ini sehat atau tidak, aman atau tidak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun