Mohon tunggu...
rida fardiana
rida fardiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNUSA

NIM:5130020084 Prodi:manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hati-hati dengan Hati di Rumah Allah

27 April 2021   21:43 Diperbarui: 27 April 2021   22:25 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo teman-teman kompasiana....

gimana nih kabarnya selama ramadhan ?

jadi aku mau cerita sedikit nih tentang pengalaman aku selama beberapa kali ke negara Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umroh bersama keluarga aku. Siapa sih yang ngga tau negara Arab Saudi ? Negara yang mempunyai dua kota paling bersejarah bagi umat islam di dunia yang menjadi kota kelahiran nabi Muhammad SAW , kota tempat kiblat seluruh umat islam di dunia dan banyak cerita bersejarah lainnya tentang peradaban islam di sana. 

makkah dan madinah adalah 2 kota yang menjadi tempat umat islam menunaikan ibadah umrah dan haji. Seperti yang kita tahu dari cerita orang-orang tua bahwa jika berada disana kita harus menjaga perkataan,perbuatan dan menjaga hati karna apapun yang kita lakukan ataupun yang masih menjadi angan-angan dalam hati bisa langsung dapat balasan disana dan yang itu semua benar-benar terjadi sama aku haha kalo diinget-inget lucu juga,jadi dulu itu aku udah diajak umroh dari kelas 4 madrasah ibtidaiyah nah umur-umur segitu kan masih nurut-nurutnya yaaa jadi ngga ada kejadian-kejadian yang macem-macem. Sampai akhirnya aku kesana lagi untuk umroh entah kelas 8 smp atau kelas 10 sma gitu lupa,jadi waktu sholat subuh di masjidil haram itu kan berangkatnya dari hotel jam 2 malem nah didalam itu masih betah sampai akhirnya aku kebelet pipis di jam-jam yang udah mepet sholat subuh gitu sedangkan toiletnya jauh karna udah ga tahan akhirnya aku izin ke mama aku untuk ke toilet,karna aku ngerasa aku udah hafal jalan masjidil haram karna udah beberapa kali kesana aku agak sombong di hati ngerasa udah hafal banget jadi aku ke toilet sendirian dan mamah aku di dalem masjid. Dan yaap akhirnya aku ilang, aku bingung nyari mama aku dimana aku cuman bisa nangis dipojokan toilet hahaha malu banget akhirnya aku memutuskan buat balik ke hotel sendirian dan akhirnya ketemu lagi deh sama mama dan abah aku.

Jadi hikmah yang bisa kita petik dari pengalaman aku adalah kita ngga boleh sombong dimana pun berada lebih-lebih dirumah allah SWT (makkah al mukaromah) selalu jaga hati,perilaku dan perkataan dimana pun berada karna allah maha melihat dan kita tidak tau musibah apa yang akan menimpa kita.

Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun