Mohon tunggu...
farhan asyraf fauzan
farhan asyraf fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa di Universitas Idrapratsa PGRI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesenian Suku Dayak

26 Mei 2022   14:29 Diperbarui: 26 Mei 2022   14:33 38 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dayak merupakan nama satu dari Lima suku bangsa atau etnik asli dari kalimantan . mengutip sensus penduduk  2010 oleh Bps, suku Dayak di kalimantan memiliki populasi sebesar 2. 670. 591 Jiwa atau 19, 49 persen populasi di pulau Kalimantan.

Selain suku Dayak, pulau kalimantan di diami oleh 4 suku bangsa asli dari pulau lain,  yakni Melayu, Banjar, Kutai, dan Paser, sebagaimana ditulis Syamsuddin Haris dalam Desentralisasi dan otonomi daerah: Naskah akademik dan RUU usulan LIPI (2004).

Merujuk ke buku Sejarah Hukum Adat dan Adat Istiadat Kalimantan Barat (1975) yang ditulis J. U. Lontaan, suku Dayak di Kalimantan terbagi menjadi 6 suku besar dan 405 sub-suku kecil. Kelompok-kelompok itu menyebar ke seluruh penjuru Pulau Kalimantan.

Sementara enam suku besar Dayak tersebut adalah suku Dayak Klemantan, Dayak Iban, Dayak Apokayan, Dayak Murut, Dayak Ot-Danum Ngaju, dan Dayak Punan.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan