Mohon tunggu...
Ricky DwiWahyuni
Ricky DwiWahyuni Mohon Tunggu... ricky

ricky

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kegiatan Atasi Kebosanan di Tengah Pandemi

2 Agustus 2020   22:33 Diperbarui: 2 Agustus 2020   22:57 4 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Atasi Kebosanan di Tengah Pandemi
Dok. pribadi

Universitas Negeri Sebelas maret telah berupaya menjadi salah satu solusi dalam penanganan dampak pandemi COVID 19 yang tengah mewabah saat ini. 

Universitas Negeri Sebelas Maret menjadikan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini bertemakan mengenai COVID 19 yang dilakukan secara lingkup domisili mahasiswa. 

KKN kali ini dilaksanakan secara individu dengan sistem daring dari sebelumnya yang dilaksanakan secara kelompok dan pengabdian langsung kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan tatap muka tetap disesuaikan dengan protokol kesehatan yang dianjurkan dari pemerintah.

Salah satu mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN COVID 19 ini adalah Ricky Dwi Wahyuni. Mahasiswa Fakultas Pertanian jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang menjalankan KKN Covid 19 UNS di Dusun Soko Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Mei-Juni 2020. Tema KKN COVID 19 yang dilaksanakan adalah Pendidikan dengan mengusung 5 Program yaitu Edukasi kepada masyarakat tentang COVID 19, Edukasi pembuatan masker dan penggunaan masker yang benar, Edukasi penanaman sayur mandiri dan pembagian bibit, Pendampingan belajar, dan Edukasi Membuat Ketrampilan dari Koran.

Di wilayah pedesaan banyak informasi mengenai COVID 19 tidak tersampaikan dengan baik karena dari berbagai latar belakang masyarakatnya. Kondisi masyarakat yang minim akses teknologi informasi dan sikap masyarakat dalam mengelola informasi menjadi masalah utama. Fakta dan Hoax yang beredar seputar COVID 19 perlu adanya penjelasan kepada masyarakat. Program kegiatan pemberian informasi yang dilakukan sangat berguna untuk masyarakat agar tetap waspada dan dapat menjaga diri serta lingkungannya. 

Selain pemberian informasi diberikan edukasi tentang pembuatan masker dan edukasi mengenai cara memakai masker dengan benar. Masker merupakan kebutuhan yang paling utama saat ini, maka dari itu peserta KKN melakukan pelatihan membuat masker kepada anak-anak juga sebagai solusi untuk mengisi kegiatan ditengah pandemi. Antusiasme anak-anak dalam membuat masker sendiri sangat tinggi dan sangat senang dengan hasil yang dibuat.

Masa pandemi seperti sekarang ini menggangu aktivitas sekolah yaitu perubahan sistem dari offline menjadi online. Peserta KKN melakukan pendapingan belajar sebagai solusi kesulitan anak-anak sekolah yang menerima materi serta banyaknya tugasyang diberikan. Kegiatan ini membantu para orang tua untuk mendampingi anaknya saat sekolah online. Sebagai solusi atas rasa bosan siswa tersebut peserta KKN juga melakukan pelatihan membuat kerajinan dari bahan bekas seperti koran dan kardus yang dibuat menjadi vas bunga. Hal ini akan menambah kreativitas siswa-siswa tersebut.

Saat pandemi juga keadaan ekonomi berubah, harga-harga beberapa komoditas dipasar mengalami kenaikan. Warga masyarakat diberikan edukasi mengenai pangan lestari dengan memanfaatkan pekarangan yang dimilikinya. Dibagikan bibit sayuran dan mengajak para warga menerapkan konsep pangan lestari. Kegiatan ini sebagai solusi untuk menjaga ketahan pangan disaat pandemi seperti ini.

Penulis : Ricky Dwi Wahyuni

Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Samanhudi, S.P.,M.Si., IPM.

VIDEO PILIHAN