Mohon tunggu...
Ricky Firmansyah
Ricky Firmansyah Mohon Tunggu... Blogging

Lahir di Bandung Jawa Barat dan domisili saat ini di Jember Jawa timur Aktifitas aktif saat ini seorang blogger

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tips Cara Merawat Hp Android Agar Tetap Awet

17 November 2019   20:12 Diperbarui: 17 November 2019   20:15 135 0 0 Mohon Tunggu...

Merawat perangkat hp android sejatinya itu memang sangat penting, Dengan demikian artinya paling tidak kita akan dapat meminimalisasi secara dini timbulnya berbagai faktor  yang menjadi indikator kerusakan pada device ponsel android. 

Akan tetapi dibalik manfaat dan keuntungan tersebut tidak sedikit pula mereka sebagai pemilik sekaligus pengguna yang mengabaikan hal ini, Entah karena alasan tertentu atau mungkin disebabkan oleh karena ketidak tahuan soal bagaimana cara merawat smartphone android yang benar ?

Melalui tulisan singkat hari ini, Saya sendiri hanya ingin sekedar berbagi informasi seputar mengenai perawatan hp samsung android yang pernah saya lakukan hingga saat ini. Namun sebelum itu ada beberapa hal lain yang tentu perlu saya sampaikan kepada Anda terkait beberapa elemen pada mobile phone android yang terbilang paling sering dan rentan mengalami masalah.

Pertama adalah bagian software (piranti lunak) atau dalam istilah lain sering disebut oprating system android atau pengertian sederhananya yaitu sistem yang menjalankan semua program dan fitur yang ada dalam OS android. Beberapa problem yang sering dialami oleh umumnya  kebanyakan pengguna diantaranya yaitu:

  1. Hp android sering error atau ngeblank
  2. Kinerja ponsel terasa semakin lambat
  3. Tiba-tiba hp mati sendiri
  4. Hp matot (mati total) dan susah dihidupkan kembali

Berikut dibawah ini tips perawatan ponsel android yang penting Anda perhatikan apabila ada salah satu problem diatas yang terjadi pada hp android Anda.

  1. Perbaharui versi OS android ke versi terbaru secara rutin
  2. Pasang program anti virus
  3. Hapus aplikasi yang tidak penting
  4. Pindahkan data file seperti: Poto, Video, Audio dan berkas lainnya  yang tersimpan dalam memori internal ke memori external, Dimana upaya ini tujuannya agar ponsel menjadi lebih ringan pada saat mengakses fitur menu atau membuka aplikasi.
  5. Perbaharui juga semua aplikasi yang terpasang secara rutin
  6. Bersihkan sampah cache yang tersembunyi. Untuk mengatasi masalah ini cukup pasang aplikasi pembersih sampah cahe dan registry lewat play store
  7. Hapus semua riwayat penelusuran baik itu pada aplikasi Youtube atau browser chrome dan mozilla
  8. Jangan terlalu sering menjalankan program yang memerlukan ruan memori ram besar. Seperti misalnya game offline dan online
  9. Jangan sembarangan mendownload atau memasang aplikasi tiruan yang tidak compatible dengan perangkat hp
  10. Hindari menyimpan file video tertentu karena itu langsung atau tidak langsung justru akan menjadi virus 

Kedua adalah pada bagian hardware (perangkat keras) konon bagian ini juga tidak luput dari adanya masalah seperti katakanlah diantaranya :

  1. Layar touch secreen
  2. Slot USB
  3. Memori external
  4. Batrai
  5. Cashing pembungkus

Dan berikut ini cara sederhana namun terbukti berhasil dalam melakukan proses perawatan bagian hardware pada perangkat telepon seluler  yang harus Anda coba.

  1. Gunakan lapis pabier glas untuk menutup layar touch secreen
  2. Secend memori dengan aplikasi anti virus
  3. sesekali lepas batrai kemudian simpan dalam priser kulkas setelah digin masukan kembali
  4. Gunakan silikon anti gores untuk mengindari benturan benda lain yang bisa membuat body ponsel lecet

Nah itulah sahabat kompasioner dimanapun Anda berada sedikit ulasan singkat prihal tips cara merawat hp samsung android yang selama ini sering saya lakukan. Harapan saya semoga informasi ini dapat membantu sekaligus bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x