Mohon tunggu...
RICKY SAFRIJAL
RICKY SAFRIJAL Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jangan Pernah Menyerah

Selanjutnya

Tutup

Foodie

6 Kuliner Khas Lampung Barat Lengkap dengan Resep Penyajiannya, Yuk Baca

19 Juli 2022   11:52 Diperbarui: 19 Juli 2022   11:53 319 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

6 Kuliner Khas Lampung Barat Beserta Resep Penyajiannya, Yuk Simak

Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten yang berada pada wilayah Provinsi Lampung yang terdiri dari 15 kecamatan, 5 kelurahan dan 131 desa dengan jumlah kepadatan penduduk mencapai 301.131 jiwa. Kabupaten Lampung Barat memiliki julukan sebagai Sekala Beghak yang artinya kawasan yang dapat disaksikan warisan peradabannya dan memiliki motto yaitu Beguai Jejama yang bermakna bekerja bersama. Dalam bidang perekonomian terutama kuliner, Lampung Barat memiliki berbagai macam kuliner khas yang dimiliki. Berikut kami rangkum menjadi 6 kuliner khas Lampung Barat lengkap dengan resep penyajiannya sebagai berikut.

dok. duniaindra-gulai taboh
dok. duniaindra-gulai taboh
1. Kuliner Khas Gulai Taboh


Gulai Taboh merupakan menu khas Lampung pada umumnya dan Lampung Barat pada khususnya dengan memiliki bentuk makanan berkuah dengan tambahan olahan bumbu, ikan dan sebagainya yang menjadikan salah satu makanan kegemaran masyarakat. Berikut resep dan bahan-bahan dalam membuat gulai taboh khas Lampung Barat sebagai berikut. Bahan-bahannya : 2 ekor ikan nila potong, 5 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 ruas kunyit, 1/4 ruas jahe, 1/2 ruas lengkuas gepuk, 1 tangkai sereh gepuk, 4 buah kemiri, 2 lembar daun salam, 1 buah jeruk nipis, 2 buah cabe merah, 1 bungkus santan instan, air, garam, gula, micin, penyedap rasa secukupnya. Cara membuatnya : siapkan ikan nila lalu potong menjadi 2/3 bagian sesuai selera lalu cuci sampai bersih dan berilah perasan air jeruk nipis. Siapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, cabe lalu haluskan dengan ulegan lalu tumislah sampai beraroma wangi, tambahkan satu gelas air dan sebungkus santan instan lalu masukanlah ikan nila dan tunggu lalu bolak balik agar masakan sempurna, tambahkan penyedap rasa, garam, gula dan micin secukupnya, lalu masaklah sampai matang dan beraroma wangi lalu angkat. Siapkan wadah lalu ambilah ikan, kuah, dan lainnya lalu taburkan daun kemangi secukupnya dan gulai taboh khas Lampung Barat siap disajikan.

dok. lapislegit.enak-engkak ketan
dok. lapislegit.enak-engkak ketan
2. Kuliner Khas Engkak Ketan


Engkak Ketan merupakan makanan tradisional yang berasal dari Lampung pada umumnya dan Lampung Barat pada khususnya dengan memiliki rasa manis legit dan nikmat yang dapat dikonsumsi dalam jangka lama. Berikut resep dan bahan-bahan dalam membuat engkak ketan khas Lampung Barat sebagai berikut. Bahan-bahannya : 1 kg tepung ketan, 800 gr gula pasir, 10 telur ayam, dua bungkus santan instan dipanaskan, 1 kaleng kental manis, 250 gr mentega cair, 50 gr keju parut, dan 1 sdt vanili. 

Cara membuatnya : siapkan semua bahan, ambilah santan instan lalu masak dengan api kecil sembari di aduk sampai mendidih lalu angkat dan sisihkan. Siapkan telur lalu kocok, tambahkan gula pasir, tambahkan vanili, kental manis lalu kocok sampai menjadi adonan yang menggumpal halus, tambahkan mentega cair dan aduk kembali. Ambilah santan yang sudah dingin lalu masukan tepung ketan dan aduklah, tambahakan adonan telur tadi dan aduk kembali samapai merata. Siapkan loyang atau cetakan lalu berilah olesan margarin lalu lapisi dengan kertas roti, masukan adonan lapisan pertama sekitar 250 ml dan masak selama 15 menit, lalu tambahkan lapisan kedua dan masak selama 10 menit, lalukan sampai adonan semua habis, dan pada permukaan atas berilah parutan keju sesuai selera lalu masak/oven selama 15 menit, jika sudah matang lalu angkat, sembari didinginkan lalu potong sesuai dengan ukuran. Siapkan wadah lalu ambilah sesuai dengan selera dan engkak ketan khas Lampung Barat siap disajikan.

dok. rm.pondokuring-sate tuhuk
dok. rm.pondokuring-sate tuhuk
3. Kuliner Khas Sate Tuhuk


Sate Tuhuk merupakan salah satu makanan khas Lampung Barat pada khususnya dengan berbahan dasar daging ikan tenggiri atau tuhuk yang diolah menjadi sate memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Berikut resep dan bahan-bahan dalam membuat sate tuhuk khas Lampung Barat sebagai berikut. Bahan-bahannya : 1 kg ikan tuhuk/tenggiri, 250 gr kacang tanah, 5 buah cabe merah keriting, 5 buah cabe merah rawit, 4 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 1 buah kemiri, 10 buah cabe kecil, 1 sdt merica bubuk, 1 sdt penyedap rasa, 1 buah tomat, bawang goreng seccukupnya. 

Cara membuatnya : siapkan kacang lalu gorenglah, tambahkan cabai kecil, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lalu gorenglah sampai matang lalu angkat, diamkan sejenak sampai terasa agak dingin lalu uleg atau blender sampai terlihat agak halus dan tambahkan sedikit air masukan pada wadah,tambahkan sedikit minyak goreng, penyedap rasa, garam lalu masaklah sampai terlihat mengental dan angkat. Siapkan daging ikan tenggiri atau tuhuk lalu potong sesuai selera seperti sate lalu panggang atau bakar sembari diolesi minyak secukupnya, jika sudah matang lalu angkat. Siapkan wadah ambilah sate sesuai selera dan tambahkan bumbu kacang tersebut dan sate tuhuk khas Lampung Barat siap disajikan.  

dok. pariwisata_lampungbarat-buak tat
dok. pariwisata_lampungbarat-buak tat
4. Kuliner Khas Buak Tat


Buak Tat merupakan makanan khas tradisional Lampung pada umumnya dan Lampung Barat pada khususnya yang senatiasa menjadi tradisi makanan turun temurun dan menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Lampung. Berikut resep dan bahan-bahan dalam membuat buak tat khas Lampung Barat sebagai berikut. Bahan-bahannya : 10 butir telur, 1/2 kg gula halus, 1 1/4 kg tepung terigu, 1 sdt soda kue, 1 sdm bumbu spekuk, 600 gr margarin, 600 gr margarin, 100 gr butter wysman, 1 kaleng kental manis, 2 bungkus vanila bubuk, 1 sdm minyak.

Cara membuatnya : siapkan margarin dan vanili lalu kocoklah sampai merata lalu sisihkan. Siapkan wadah masukan telur, gula pasir dan soda kue lalu kocoklah sampai mengembang dan merata. Siapkan tepung terigu, bumbu spekuk lalu aduklah perlahan sampai rata lalu diamkan selama 2-3 jam. Tuanglah adonan pada loyang atau cetakan lalu lapisilah dengan selai sesuai selera, lalu bentuklah seperti kue lapis, adonan, selainya dan adonan kembali lalu pangganglah selama 20 menit sampai terlihat matang dan beraroma wangi dan angkat. Siapkan wadah lalu ambilah adonan yang sudah matang lalu potong sesuai selera dan buak tat khas Lampung Barat siap disajikan.

dok. keishaolshopbkt-kacang tojin
dok. keishaolshopbkt-kacang tojin
5. Kuliner Khas Kacang Tojin


Kacang Tojin merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia pada umumnya yang cocok sekali dikonsumi pada momen santai bersama teman, kerabat dan sebagai camilan yang nikmat dan lezat. Berikut resep dan bahan-bahan dalam membuat kacang tojin khas Lampung Barat sebagai berikut. Bahan-bahannya : 1 kg kacang tanah pisah dengan kulitnya, 40 ml santan kara, 10 lembar daun jeruk sobek, 10 butir bawang putih, 4 buah belimbing, 1 sdt garam, 1 sdt gula dan bawang goreng secukupnya. Cara membuatnya : siapkan kacang tanah lalu cucilah sampai bersih lalu tiriskan, siapkan wadah merendam kacang. Masukan air, gula, garam, kaldu ayam, bawang putih, daun jeruk, dan santan lalu masak dengan api sedang sampai mendidih, rendamlah kacang selama 1 jam, siapkan bawang putih lalu gorenglah untuk taburannya. Saringlah rendaman kacang lalu panaskan minyak yang sudah panas lalu gorenglah perlahan sampai terlihat matang dan hati-hati agar kacang tidak pecah, lalu angkat dan tiriskan. Siapkan wadah dan alasi dengan kertas nasi atau sebagainya lalu masukan kacang sesuai selera dan taburi dengan bawang goreng dan kacang tojin khas Lampung Barat siap disajikan.

dok. kuliner_lampung-kembang loyang
dok. kuliner_lampung-kembang loyang
6. Kuliner Khas Kembang Loyang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan