Mohon tunggu...
Muhammad RickyShaputra
Muhammad RickyShaputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Berbagi hal-hal mengenai Rusia

Mahasiswa jurnalistik di kazan federal university, menggunakan platform kompasiana bertujuan bagi saya untuk mengembangkan kemampuan menulis saya dan juga saya berkeinginan sangat kuat untuk membagikan hal-hal tentang Rusia kepada kompasianers senuanya! Enjoy

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Rusia dengan Masyarakat yang Dingin dan Tidak Ramah

5 Mei 2021   19:20 Diperbarui: 5 Mei 2021   19:23 762
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
salah satu landmark di kota Izhevsk (Dokpri)

Bagi kebanyakan orang khususnya masyarakat Indonesia, mengenal atau mempresentasikan Rusia sebagai negara yang sangat besar seperti tidak ada ujungnya yang hanya diisi oleh beruang dan manusia pemabuk, diikuti dengan musim dingin yang tidak pernah berakhir dan dinginnya dapat menusuk hingga ketulang. Lebih lagi, Rusia sering digambarkan pada film Holllywood direpresentasikan seperti gangster yang tidak memiliki belas kasihan dan juga cenderung sangat kecanduan dengan alkohol.

Pada kesempatan kali ini saya dan juga bersama 2 narasumber yang merupakan teman saya warga negara Rusia asli akan menjawab semua pertanyaan mengenai stereotip tentang kehidupan di Rusia, bagaimana pandangan mereka terhadap alkohol dan juga apakah benar Rusia adalah negara yang sangat rasis

1. Banyak kabar beredar,saya tidak mengerti ini hanya guyonan belaka ataupun ini fakta,bahwa orang Rusia sangatlah kecanduan terhadap alkohol khususnya vodka, bagaimana pendapat anda mengenai hal tersebut dan juga bagi anda sendiri ,bagaimana sikap anda terhadap minuman beralkohol?

narasumber 1 :

sayang sekali mitos mengenai orang Rusia yang sangat tergila-gila oleh vodka belum juga hilang. Seakan-akan kami (orang Rusia) tidak bisa hidup sehari-pun tanpa segelas alkohol, dan orang asing dengan polosnya percaya akan hal itu saya sangat menyayangkan hal tersebut. Memang pada acara-acara pesta Vodka sering hadir di meja pesta, pada saat seperti itulah biasanya kami meminum vodka dan berbagai macam minuman beralkohol

narasumber 2 :

Memang banyak stereotip beredar bahwa orang Rusia sebelum tidur dan setelah bangun tidur selalu ditemani dengan segelas shot vodka,tetapi kenyataannya tidak. Saya pikir lelucon mengenai vodka ataupun minuman alkohol bagi bangsa kita adalah hal yang konyol. Dan sikap saya terhadap alkohol tidak negatif memang saya tidak menghakimi atau menilai orang yang meminum minuman beralkohol orang yang buruk walaupun saya sendiri tidak meminum minuman beralkohol karena saya tidak melihat hal tersebut bermanfaat bagi diri saya

2. Ada stereotip yang pernah saya dengar bahwa orang Rusia sangatlah dingin dan juga tidak ramah, benarkah begitu?

narasumber 1 :

Memang, ada pendapat bahwa orang Rusia sangat dingin seperti es di luar, tetapi dilubuk hati mereka yang paling dalam memilki jiwa yang sangat tulus. Saya pun sangat setuju dan juga menganut pendapat ini. Perlu digarisbawahi bahwa kebanyakan masyarakat Rusia menghargai dan juga menjaga kenyamanan mereka sendiri dan orang lain. Mereka merasa malu jika harus senyum terhadap orang yang mereka tidak kenal. Jadi anda sangat jarang sekali menjumpai orang Rusia yang senyum kepada anda di tempat publik seperti taman dan lain sebagainya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun