Mohon tunggu...
Dapurfit
Dapurfit Mohon Tunggu... Home of #SmartDieter

Di Kompasiana, kami berkomitmen untuk membuat konten yang 100% informasi, 0% marketing. Semua konten kami 100% evidence-based, dan akan disertai referensi jurnal ilmiah (studi/ penelitian).

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Libur Lebaran Takut BB Naik? Simak Tips Berikut!

11 Mei 2021   16:54 Diperbarui: 11 Mei 2021   17:32 39 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Libur Lebaran Takut BB Naik? Simak Tips Berikut!
Tips Diet Saat Liburan dari Dapurfit (sumber: instagram Dapurfit) 

Sebentar lagi, kita akan menyambut hari lebaran setelah sebulan berpuasa. Sering kali setelah libur lebaran, FIT fams mengeluh karena mengalami peningkatan BB selama libur, padahal BB sudah turun selama puasa. Oleh karena itu, Dapurfit akan memberikan 4 tips untuk jaga makan saat liburan! 

1. Holiday, not worry-day

Saran pertama dari Dapurfit adalah: "don't worry, be happy!" Kata 'holiday' berasal dari kata hligdg / holy-day (hari suci), bukan 'worry-day' apa lagi 'diet-day'. Definisi dari kata holiday adalah saat seseorang bebas melakukan apa yang diinginkan, seperti bersantai/ rekreasi (1).

Penting ditanam dalam pikiran bahwa saat liburan jelas bukan saatnya diet ketat/ khawatir BB naik/ bahkan takut pada makanan. Liburan adalah saatnya berbahagia, saatnya untuk menjalankan budaya dan tradisi, saatnya acara dengan keluarga, teman, dan orang tercinta. Terutama, liburan adalah saatnya untuk beristirahat, baik fisik maupun mental. 

Meski begitu, bukan berarti liburan adalah saatnya makan semua makanan hingga habis tanpa berhenti! Seperti hari-hari biasa, liburan adalah waktunya makan seperti biasa, normal-normal saja. Tidak perlu takut makan, tidak perlu juga untuk kalap makan.

Studi dari penelitian menunjukkan diet yang terlalu ketat/ kaku dan mindset yang terlalu takut/ anti makanan tertentu justru berkaitan erat dengan weight gain/ regain, BMI yang lebih tinggi, kegagalan diet, dan eating disorder (2-6)

Di luar penelitian dalam lab, pengalaman kami dengan FIT fams juga membuktikan bahwa FIT fams yang telah berhasil membentuk dan/ atau menjaga tubuh ideal, tidak satupun yang ketakutan makan saat sedang liburan. Malah, orang yang terlalu takut makan ini dan itu atau anti makan ini dan itu justru biasanya memiliki BMI yang tinggi dan sering binge eating/ kalap.

Testimoni dari FIT fams yang mengatasi diet saat liburan tanpa takut makan dan tidak kalap (sumber: instagram Dapurfit)
Testimoni dari FIT fams yang mengatasi diet saat liburan tanpa takut makan dan tidak kalap (sumber: instagram Dapurfit)

2. Cheating Terencana

Perlu diingat bahwa cheating kalap/ binge eating berbeda dengan cheating terencana. Cheating kalap biasanya terjadi ketika orang diet dengan cara yang menyiksa, sehingga orang tersebut tidak tahan lagi dan akhirnya langsung kalap sekali dia diberikan makan bebas. Atau istilahnya kebablasan. Cheating kalap ini merupakan salah satu penyebab nomor 1 mengapa orang gagal diet. Karena sekali cheating kalap, bisa membatalkan hasil dari 1-2 minggu diet ketat.

Sebaliknya, penelitian membuktikan cheating yang sudah direncanakan tidak mengganggu keberhasilan diet (7). Justru sesekali 'libur' dari diet malah dapat berguna untuk keberhasilan diet (8-10). Analoginya, bolos sekolah tentu dapat mengganggu keberhasilan seorang pelajar. Namun, libur sekolah yang memang terencana dapat berguna untuk meningkatkan suasana hati dan semangat pelajar.

3. Buat pilihan buruk yang lebih baik

Dalam apapun, pasti ada 'better choice', termasuk dalam junk food. Saat liburan, kita akan dihadapkan dengan banyak junk food. Dari martabak, boba, gorengan, hingga kue-kue manis. Namun, hanya karena kita tidak bisa makan 'bersih', bukan berarti kita harus memilih makanan yang paling 'merugikan'. Misalnya, kita dihadapkan dengan:

  1. 1 porsi nasi/ lontong + 1 porsi opor ayam + 1 porsi rendang sapi + 1 porsi sayur + berbagai hidangan penutup dengan porsi sangat kecil (hanya icip-icip saja)
  2. Gorengan dengan sedikit protein & sayur dan hidangan penutup yang banyak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x