Mohon tunggu...
Richard Andrew
Richard Andrew Mohon Tunggu... Dosen Universitas Tarumanagara

Seorang Warga Negara Indonesia yang antusias dengan perkembangan Dunia Bisnis, Pendidikan dan Olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Menanti Kemenangan Inovasi Mengalahkan Ketidakpastian

16 April 2020   09:51 Diperbarui: 16 April 2020   09:50 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanti Kemenangan Inovasi Mengalahkan Ketidakpastian
Sumber: Artikel pada Kompas.com (11/03/20)

Seorang mahasiswa dari sebuah kampus bertanya kepada dosen yang mengajar mereka pada semester ini: "Pak, teman saya melakukan bisnis untuk menambah uang jajan saat yang lain mengisolasi diri di rumah, adakah ide bagi saya untuk ikut menambah uang jajan juga?".  Tidak lama setelah itu sang dosen menjawab: "Jika temanmu berani untuk berbisnis dan kamu belum menemukan ide bisnis yang berbeda, kenapa kamu tidak berkolaborasi dengan temanmu itu?".

Benar sekali, kolaborasi inilah yang dapat menghasilkan inovasi.  Inovasi ini yang kemudian akan mengalahkan ketidakpastian.  Sehingga kalau kita gabung dengan konteks pandemi global yang sedang dihadapi saat ini, maka jawaban yang paling rasionalpun tidak jauh dari bagaimana kita melaksanakan kolaborasi yang menghasilkan inovasi untuk mengalahkan ketidakpastian di berbagai sektor mulai dari kesehatan, keuangan, hukum dan sosial.

Terkait inovasi kesehatan, kita mulai dengan 5 hal yang paling sederhana seperti menunaikan kewajiban iman untuk peningkatan kesehatan mental kita, melakukan interasi dengan keluarga ataupun teman terdekat untuk memunculkan jiwa yang penuh dengan rasa bersyukur, mencuci tangan hanya sebelum makan agar tetap higienis, langsung membersihkan diri setelah beraktivitas dari luar area rumah dan memantau berita kesehatan hanya maksimal sekali sehari.

Terkait inovasi keuangan, kita juga bisa mulai dengan 4 hal krusial seperti menyesuaikan arus kas selama paling tidak 3 bulan ke depan seperti yang dilakukan oleh pemerintah, merencanakan penyesuaian strategi bisnis untuk adaptasi pada persaingan global pada tahun 2021, mengubah pola konsumsi rutin dengan lebih mengutamakan kepentingan primer dari keluarga dan meningkatkan kemampuan pribadi untuk mencari aliran kas masuk cadangan.

Terkait inovasi hukum, kita bisa lakukan dengan sebuah hal penting yakni mendukung kemajuan dari perbaikan regulasi yang ada di Indonesia terutama yang mendorong percepatan pemulihan kesehatan masyarakat, percepatan pemulihan seluruh sektor ekonomi di masyarakat, percepatan proses administrasi hukum yang mendukung kemudahan berinvestasi dan transparansi anggaran terutama yang difungsikan untuk semua lapisan masyarakat.

Terkait inovasi sosial, kita bisa capai dengan 2 hal yang paling simpel yakni bijak dalam menggunakan media sosial dan berbagi dengan sekitar kita sesuai dengan kemampuan kita masing -- masing.  Dengan mengendalikan media sosial, hidup akan lebih bahagia dan dipenuhi dengan rasa bersyukur tanpa rasa stres berlebih.  Dengan berbagi sesuai kemampuan, kita dapat merasakan berkah yang luar biasa baik di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Tentu saja, laksana cahaya dalam kegelapan dan rusa yang rindu akan air, segala macam masalah yang diberikan tidak akan lebih dari yang sanggup kita hadapi dan kolaborasi semua elemen masyarakat yang dimulai dari kita sendiri akan mampu mempercepat pengembalian kondisi kesehatan, keuangan, hukum dan sosial ke arah yang normal dan bahkan bukan tidak mungkin ke arah yang sangat fenomenal.  Salam damai sejahtera bagi kita semua! 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x