Mohon tunggu...
Ribka Debbie Watung
Ribka Debbie Watung Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang pendidik di taman kanak-kanak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan APE Berbasis e-Book PPT Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak

7 Desember 2022   14:20 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:42 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi Covid-19 yang mewabah di dunia mempengaruhi berbagai bidang, salah satunya dan yang paling berdampak adalah bidang Pendidikan. Kegiatan Pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka antara guru dan anak berubah menjadi kegiatan dengan tatap maya. Guru dan anak terpisahkan oleh jarak dan disatukan oleh gambar dan suara dalam jaringan internet. 

Kegiatan pembelajaran dalam jaringan memiliki keterbatasan,yaitu antara guru dan anak tidak dapat terjadi interaksi secara fisik. Guru hadir dalam layar gawai yang ada di rumah anak masing-masing. Pembelajaran yang seperti ini sering membuat anak merasa kegiatan pembelajaran menjadi kurang menari. Guru sebagai pejuang garda terdepan dalam dunia pendidikan perlu terus berupaya agar kegiatan pembelajaran terus berlangsung dan anak-anak tetap antusias dalam bermain

Guru dituntut terus berinovasi dalam melakukan pembelajaran salah satunya yaitu dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang telah semakin canggih. Upaya yang dilakukan dalam hal ini melakukan pertemuan dan membuat media pembelajaran ebrbasis permainan edukasi salah satunya yaitu menggunakan eBook sebagai penunjang kegiatan pembelajaran khususnya dalam meningkatkan minat serta kemampuan Literasi anak agar lebih interaktif antara guru dan anak saat pembelajaran jarak jauh.

Permainan interaktif ini diharapkan dapat menstimulasi anak dalam bidang pengembangan kemampuan kognitif dan bahasanya. Selain itu dengan ini anak dapat menjadi pembelajar yang aktif dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh guru. Anak dapat berpikir kreatif, kritis dan terampil menyelidiki menyimpulkan materi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, serta menghubungkan dengan masalah dunia nyata yang otentik. Proses pembelajaran dirancang secara interaktif, inspiratif, menarik, menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak untuk berpartisipasi aktif, dengan memberi ruang yang cukup bagi prakarsa, serta kreativitas anak.

Anak-anak secara tidak langsung mengembangkan aspek berpikir secara logis serta meningkatkan kemampuan 4C nya (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity) dengan disajikannya gambar-gambar yang menghadirkan objek secara langsung yang memberi gambaran pada anak, mengingat bahwa anak-anak dalam jenjang usia dini adalah anak yang dalam tahap pra operasional konkrit yaitu tahapan kegiatan intelektual anak hampir seluruhnya merupakan gejala yang diterima secara langsung melalui indera. Pada saat anak mencapai kematangan dan secara perlahan mulai memperoleh keterampilan berbahasa, mereka menerapkannya pada objek-objek yang nyata (Piaget, dalam Miller 2011).

Alat permainan edukasi berbasis eBook dapat dengan mudah dibuat dan diakses oleh guru dengan memanfaatkan aplikasi secara online dengan tampilan yang menarik bagi anak. 

Contoh permainan edukasi berbasis eBook:

  • Aplikasi: Canva dan Anyflip 
  • Cara pembuatan: 
    • login ke Canva
    • memilih menu presentasi
    • memilih gambar sesuai tujuan pembuatan
    • mengunduh ke dalam bentuk PDF
    • masuk secara online ke Anyflip, kemudian meng-insert PDF dan menunggu proses untuk menjadi e-book yang siap digunakan
  • langkah bermain:
    • guru membuka link Anyflip yang akan digunakan
    • melakukan pembelajaran secara daring
    • guru melakukan share screen
    • guru mengarahkan anak untuk melakukan interaksi antara guru dan aka
    • memberikan penguatan pada setiap permainan yang dimainkan (contoh: berhitung dan menemukan huruf yang belum ada)
    • berikut ini berupa screen shot contoh: e-book kebersihan diri dan lingkungan, dan e-book alat kebersihan yang saya gunakan saat pembelajaran daring

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun