Mohon tunggu...
Rina Wijaya
Rina Wijaya Mohon Tunggu...

Perangkai kata, kalimat, dan paragraf.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Manfaat Komplain dalam Bisnis

23 November 2017   20:00 Diperbarui: 2 Desember 2017   03:16 3137 1 1 Mohon Tunggu...

Bagian dari melakukan bisnis adalah kehilangan pelanggan. Dalam beberapa kasus, tidak ada yang bisa dilakukan untuk bisa mempertahankan pelanggan, karena kebutuhannya mungkin telah berubah. Tapi, jika ada kemungkinan untuk mendapatkan kembali, pemilik tentu ingin melakukan.

Meski keluhan negatif pelanggan pada bisnis efeknya tidak besar, keluhan bisa menjadi alat pemasaran yang penting. Keluhan pelanggan bisa memberi kesempatan untuk memperbaiki situasi. Pemilik usaha punya keuntungan karena bisa mendekatkan diri antara manajemen dan pelanggan.

Identifikasi area perbaikan

Keluhan pelanggan biasanya menyoroti kelemahan bisnis, dan disitu area perbaikan dibutuhkan. Manajemen harus menangani semua keluhan dengan serius dan memeriksa penyebab. Masalah apa pun dengan pelanggan bisa diselesaikan dan bisa memperbaiki masalah selanjutnya.

Seringkali keluhan pelanggan bisa mengungkap mana kebutuhan yang tidak terpenuhi, sekaligus bisa menginspirasi penawaran dan layanan baru yang bisa meningkatkan profit. Terlepas dari berapa banyak pelanggan yang komplain, umpan balik dari pelanggan bisa memperbaiki bisnis Anda.

Tingkatkan loyalitas pelanggan

Sebuah studi oleh TARP menemukan bahwa pelanggan yang memiliki keluhan yang diselesaikan dengan memuaskan adalah 30 persen lebih setia daripada mereka yang tidak pernah mengeluh, dan 50 persen lebih setia daripada mereka yang tetap tidak puas.

Bisnis akan mendorong pelanggan untuk maju jika mereka merasa tidak puas. Pertukaran ini merupakan kesempatan yang secara efektif bisa memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan. Dari sini, loyalitas pelanggan akan terbentuk secara alami.

Meningkatkan promosi

Pelanggan yang puas cenderung mengajak teman dan rekan kerja untuk memakai layanan Anda. Tapi penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengeluh ternyata lebih loyal, ini adalah target pasar yang bagus sebagai bahan rujukan.

Banyak bisnis menunjukkan bahwa lebih dari 40 persen bisnis baru mereka berasal dari rujukan pelanggan. Menjaga kepuasan pelanggan penting untuk bisnis. Pelanggan yang komplain bisa diartikan sebagai konsumen loyal yang berharap banyak dari layanan Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x