Mohon tunggu...
Riatus Sholehah
Riatus Sholehah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka menulis baik ilmiah maupun non ilmiah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tim PROMAHADESA UNEJ Berhasil Ciptakan Alat Peraga Energi Terbarukan untuk SDN Ajung 01 Kalisat

9 Desember 2022   18:41 Diperbarui: 15 Desember 2022   12:57 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.



Program Mahasiswa Berdesa (Promahadesa) merupakan program pengabdian ke masyarakat oleh mahasiswa ke mitra Universitas Jember. Khalayak sasaran program Promahadesa dapat mencakup: 1) masyarakat yang produktif secara ekonomi; 2) masyarakat yang belum produktif secara ekonomis, tetapi berhasrat kuat menjadi wirausahawan; atau 3) masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi (masyarakat umum/biasa). Mitra masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi dapat berupa sekolah (PAUD, SD, SMP, SMA/SMK), karang taruna, kelompok ibu-ibu rumah tangga, kelompok anak-anak jalanan, RT/RW, dusun, desa, Puskesmas/Posyandu, Pesantren dan yang sejenis lainnya. Tujuan program program ini adalah meningkatkan kemandirian masyarakat secara ekonomi ataupun sosial, membantu menciptakan ketentraman dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat, dan meningkatkan keterampilan berpikir, membaca, dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).

Kurikulum 2013 (K-13) yang didalamnya mencakup pembelajaran energi terbarukan idealnya dilakukan berbasis praktikum dengan disertai media pembelajaran yang mengilustrasikan implementasi energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan media pembelajaran bukan merupakan hal yang bersifat tambahan atau pelengkap tetapi merupakan suatu kebutuhan. Apabila kebutuhan itu tidak terpenuhi maka kegiatan pembelajaran berjalan tidak maksimal yang akan menyebabkan tujuan tidak tercapai dengan baik. Oleh karena itu, guru harus senantiasa mengupayakan pemanfaataan media secara optimal dalam setiap kegiatan pembelajaran. Media berperan untuk menunjang penggunaan metode pembelajaran yang akan diterapkan oleh guru agar penyampaian bahan ajar bisa lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran harus sesuai dengan analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran, perkembangan belajar siswa SD serta dengan mempertimbangkan alat pengukur keberhasilan belajar siswa.

Program Mahasiswa Berdesa (Promahadesa) yang diketuai oleh M. Fatkul Ulum Arga Pratama Zakaria (Teknik Elektro 2019) yang beranggotakan Ahmad Ishamul Ayady Akmal (Teknik Elektro 2019), Hesti Lipuring Tyas (Teknik Kimia 2019), Riatus Sholehah (Teknik Kimia 2019), Fauzan Aufa Mahsa Arifin (Teknik Pertanian 2019), Faulana Ma’rifatul Purnami (Teknik Elektro 2020), Denis Ayu Puspita Sari (Teknik Elektro 2020), Abdullah Achyar (Teknik Elektro 2020) yang dibimbing secara langsung oleh Bapak Dr. M. Maktum Muharja Al Fajri, S.T. dosen dari Prodi Teknik Kimia mengusung tema tentang penggunaan eksperimen alat peraga energi terbarukan guna menunjang model pembelajaran tematik dan meningkakan keterampilan proses sains siswa SDN ajung 01 kalisat, diharapkan mampu menjawab kebutuhan media yang dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang pembelajaran K-13.

 

r-639ab72b8b803339be3d4162.jpg
r-639ab72b8b803339be3d4162.jpg
c-639ab7268b803339af47d142.jpg
c-639ab7268b803339af47d142.jpg
b-639ab70908a8b54ccc624222.jpg
b-639ab70908a8b54ccc624222.jpg
Adanya program ini sekaligus merupakan observasi awal yang telah dilaksanakan di SDN Ajung 01 Kalisat Program pada hari Senin, 10 Oktober 2022 di lokasi SDN Ajung 01 Kalisat. Sejumlah media pembelajaran berupa prototipe alat energi terbarukan seperti mobil bertenaga surya dan mobil bertenaga angin. Observasi ini dihadiri oleh murid siswa/i kelas 3 – 6 SD, guru-guru, kepala sekolah, pembimbing program, dan panitia. Acara berlangsung dengan lancar dan baik. Terdapat beberapa kegiatan acara dalam program ini seperti adanya sambutan oleh pembimbing dan kepala sekolah, guru, pengerjaan soal pretest, penyampaian materi, demo alat kepada siswa, pengerjaan soal postest, dan berakhir acara dengan foto bersama. Saat pelaksanaan demo alat, para siswa diberikan pembekalan dan pembelajaran mengenai penjelasan tiap komponen, mekasisme kerja, dan contoh penerapan lain. Siswa sangat antusias dan mendapatkan pemahaman lebih setelah diberikan penjelasan mengenai skema alat tersebut, serta dapat menjelaskan dan mengulang kembali penjelasan yang telah diberikan oleh mahasiswa. Kegiatan penutup acara adalah penutup acara oleh kepala sekolah, panitia, kemudian melakukan sesi penyerahan cindera mata kepada kepala sekolah, penyerahan alat, dan sesi foto bersama.

Adanya Promahadesa Universitas Jember ini mampu menciptakan suasana baru dan membantu guru menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya pelajaran tema energi yang bersifat abstrak. Menambah pengetahuan dan wawasan bagi peneliti dan masyarakat umum dengan mempublikasi artikel ilmiah pada jurnal ilmiah terakreditasi nasional khusus diseminasi program pengabdian masyarakat. Adapun substansi artikel ilmiah ini adalah hasil dan pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga energi terbarukan terhadap hasil pemahaman siswa SDN Ajung 01 Kalisat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun