Seringkah anda menjadi seorang penasihat untuk teman Anda?  Ataukah kalian malah bingung sendiri dengan apa yang harus kita lakukan karena kalian belum pernah merasakan hal itu ?  Serta bagaimana cara kalian untuk menjadi seorang penasihat yang baik bagi teman atau klien anda?  Di sini akan dikupas  bagaimana cara menjadi konselor yang baik bagi teman maupun klien anda.
   Berikut adalah cara-cara untuk menjadi konselor bagi sahabat teman dan klien anda :
1. Kenali Lingkungan Klien
  Dalam memberi solusi maupun nasihat,  tentunya seorang konselor harus mengerti lingkungan klien. Dengan cara tersebut seorang konselor akan mengerti dan memilah-milah bagaimana cara untuk berbicara dan berkomunikasi serta memilih pendekatan yang baik yang sesuai  keadaan klien.  Misalnya saja ketika kita mendengarkan curhatan maupun keluhan dari orang kota dengan orang desa pasti kita memiliki cara pendekatan dan cara yang berbeda.Â
Orang kota dapat berpikir secara modern dan praktis serta terkadang mereka lebih cenderung bebas serta tidak terikat oleh budaya di sekitarnya.  Sedangkan orang desa selain cara berfikirnya yang masih  tradisional mereka cenderung memiliki kekuatan atau keterikatan dengan Budaya yang membuat konselor harus mengerti bagaimana menyelesaikan masalah tersebut tanpa melanggar norma atau nilai-nilai budaya pada suatu daerah tersebut.
2. Pahami Permasalahannya
  Seseorang bercerita kepada orang lain pasti memiliki alasan dibalik permasalahan tersebut.  Kita sebagai konselor harus mengerti permasalahan apa, bagaimana, kenapa dan mengapa permasalahan tersebut bisa terjadi pada klien kita.  Pemahaman terhadap suatu masalah dari seorang klien merupakan langkah yang paling penting dalam diri seorang konselor. Karena setiap masalah pasti memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikannya. Serta pemahaman yang salah dapat mempersulit serta memperbesar masalah tersebut.
3. Jadilah Pendengar yang Baik
  Seorang konselor haruslah menjadi seorang pendengar yang baik bagi kliennya. dimana konselor harus sabar dalam mengerti, melayani, memahami dan mendengarkan setiap keluh kesah dari seorang klien.  Buatlah klien ersebut terus bercerita tentang keluh kesah mereka agar kita sebagai seorang penasihat atau konselor mengerti betul apa yang diinginkan oleh klien kita.
4. Jangan Memaksakan Kehendak
   Dalam mencari informasi dan mengenal dekat permasalahan seorang klien, kita tidak boleh memaksakan kehendak demi mendapatkan informasi yang lebih. Karena pemaksaan bukanlah cara yang efektif dalam suatu pemecahan masalah. Pembawaan yang santai serta adanya Interaksi yang aktif di antara keduanya merupakan cara efektif dalam mencari informasi serta memperdalam permasalahan tersebut.