Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Aum!" Pengingat Perjuangan Reformasi Belum Selesai!

19 Oktober 2021   08:25 Diperbarui: 27 Oktober 2021   13:47 132 20 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Poster film Aum! Sumber: Imdb via Kompas.com

Jelang reformasi 1998, aksi unjuk rasa dari para aktivis dan mahasiswa dari berbagai kampus berlangsung di berbagai tempat. Kerusuhan, perampokan, penjarahan, pembakaran bangunan, pemerkosaan dan orang hilang menjadi tragedi yang tak akan pernah terlupa. Rumah-rumah dikunci rapat. Sunyi dan ketakutan menebar. 

Peristiwa aksi mahasiswa, terutama yang berlangsung di Trisakti  memakan korban. Hal ini tak dipungkiri menjadi pemicu lahirnya reformasi setelah berujung pada pendudukan gedung MPR/DPR. Lalu, memaksa Presiden RI ke-2 Soeharto mundur dari jabatannya.Catatan sejarah  yang kemudian mengakhiri masa orde baru selama tiga puluh dua tahun.    

Ketika itu, suasana tak terkendali. Banyak perusahaan bangkrut, orang kehilangan pekerjaan, harga-harga melambung tinggi di pasaran. Perekonomian goyah karena nilai tukar uang negara yang merosot jauh. Krisis moneter menimbulkan kerusuhan sosial. Pelanggaran HAM dan penculikan aktivis  menjadi topik pembicaraan dan pemberitaan.

Bersuara Untuk Reformasi

Ingatan itulah yang terbayang saat menonton Aum! di bioskoponline.com. Film fiktif ini mengangkat kisah sekelompok anak muda yang berjuang agar reformasi dapat terjadi.  Meski dibayangi oleh ketakutan dan ancaman penangkapan, aksi tetap dilakukan. Mereka membuat film yang diyakini menjadi sarana menyampaikan tujuan pentingnya reformasi.  

Aum! film berlatar reformasi 1998 (bioskoponline.com)
Aum! film berlatar reformasi 1998 (bioskoponline.com)

Yups, sekelompok pemuda itu membuat film untuk menyuarakan pendapat mengenai reformasi.  Mereka mengambil syuting di berbagai tempat, salah satunya di depan kandang macan untuk mendapatkan suara Aum. Suara menggelegar  yang menyimbolkan kebebasan bersuara tidak dapat dibungkam. 

Aum! dibuka dengan adegan Satriya (Jefri Nichols) dalam pembuatan film. Pemuda ini berlari sekuat tenaga untuk menghindari penangkapan yang dilakukan pihak militer. Satriya bersama teman-temannya adalah aktivis  yang berani memperjuangkan kondisi masyarakat yang tertindas oleh kekuasaan. 

Ketika itu tidak ada kebebasan berpendapat. Satriya dibantu  Adam (Aksara Dena), seorang militer yang harus disersi karena mendukung perjuangan reformasi adiknya. Mereka harus melarikan diri untuk menghindari  penangkapan saat para aktivis sedang berkumpul. 

Satriya dan Adam dalam Aum! (tangkaplayar youtube bioskoponline.com)
Satriya dan Adam dalam Aum! (tangkaplayar youtube bioskoponline.com)

Perbedaan dan Kebebasan Berpendapat 

Itu adalah adegan Satriya dan Adam dalam film untuk reformasi. Sayangnya, meski Satriya dan Adam berperan apik dalam film, tidak demikian halnya menurut Panca Kusuma Negara (Chicco Jerikho).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan