Mohon tunggu...
Riap Windhu
Riap Windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Dapat dihubungi di email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Itu Berarti Ada Mobil Keliling di Pasar dan Alun-alun

14 Desember 2019   22:55 Diperbarui: 14 Desember 2019   22:58 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Itu Berarti Ada Mobil Keliling di Pasar dan Alun-alun
BPJS Kesehatan mengadakan layanan jemput bola berupa mobil keliling kepada peserta JKN/KIS dan masyarakat umum (dok. BPJSKesehatan)

Ibu kehilangan dompet yang dibawanya saat pergi berbelanja di pasar akhir November 2019. Ibu bingung. Selain tentu saja kehilangan uang, banyak kartu berharga yang ikutan raib. Salah satunya kartu kepesertaan BPJS.

Mau tidak mau, ibu harus mengurusnya kembali agar selalu ada kartu BPJS yang bisa digunakan untuk berobat ke fasilitas kesehatan satu maupun ke fasilitas kesehatan lanjutan.Ibu harus meluangkan waktunya untuk mengurus kartu yang hilang itu.

Menurut ibu, kartu keanggotaan BPJS Kesehatan harus selalu ada. Biar mudah, bila ingin berobat sewaktu-waktu jika membutuhkan layanan kesehatan. Maklumlah, ibu terbiasa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik, sebagai langkah antisipasi.

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan berupa mobil keliling di tempat keramaian masyarakat, seperti pasar (dok.windhu)
Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan berupa mobil keliling di tempat keramaian masyarakat, seperti pasar (dok.windhu)
Buat ibu yang lansia, satu hari itu cukup melelahkan. Ibu harus mengurusnya secara offline dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan setempat. Untuk  mengurus kartu BPJS Kesehatan secara online dan mencetak Kartu e-ID (Electronic Identification), ibu tidak ingat nomor kartu BPJSKesehatan miliknya.

Maka ibu segera melapor ke polisi untuk mendapatkan surat kehilangan kartu BPJS Kesehatan. Setelah itu, ibu datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat untuk mengurus dan mendapatkan kartu BPJS yang  baru.

Tidak lupa, ibu juga membawa Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy, Kartu Tanda Pengenal (KTP) asli dan fotocopy. Ibu bersikeras mengurus langsung sendiri agar cepat selesai.

Untunglah, pengurusan  kartu BPJS  Kesehatan pengganti baru tidak memakan waktu lama. segera dikerjakan. Pencetakan kartu BPJS langsung bisa dilakukan hari itu juga saat  karena dokumen dianggap valid. "Pengurusannya cepat. Langsung dapat kartu baru," kata ibu.

Cepat disini, tentu saja di luar waktu mengantri. Syukurlah, segala sesuatunya lancar. Meski segala prosesnya mudah, tetap memerlukan waktu luang untuk mengurus dan menemani ibu yang tak ingin diwakili agar segala urusan cepat selesai.  

Lokasi layanan BPJS Jemput Bola antara lain di pasar, di alun-alun, hingga car free day (dok.BPJSKesehatan)
Lokasi layanan BPJS Jemput Bola antara lain di pasar, di alun-alun, hingga car free day (dok.BPJSKesehatan)

BPJS Kesehatan Jemput Bola 

Seandainya tahu adanya layanan BPJS Kesehatan Jemput Bola sejak awal, mungkin ibu tak perlu datang kantor cabang BPJS Kesehatan setempat untuk mengurus penggantian kartu BPJS Kesehatan yang hilang. Ibu mungkin bisa datang ke tempat layanan seperti pasar yang ada di dekat rumah.

Ya, itu dimungknkan karena ada layanan jemput bola BPJS Kesehatan atau Mobile Customer Service (MCS). Hal ini disampaikan Dwi Asmariyati, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta dalam pertemuan tentang Layanan Jemput Bola Mobile Customer Service (MCS), 9 Desember 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x