Mohon tunggu...
Riap Windhu
Riap Windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Dapat dihubungi di email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Jujur, Disiplin, Sabar, dan Kebersamaan, Semangat Ramadan yang Menginspirasi

7 Juni 2019   23:48 Diperbarui: 7 Juni 2019   23:51 67 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jujur, Disiplin, Sabar, dan Kebersamaan, Semangat Ramadan yang Menginspirasi
Ramadan usai, namun semangatnya tak pernah berhenti menginspirasil. Jujur, Disiplin, Sabar, dan kebersamaan adalah nilai-nilai yang terus tertana dan menginspirasi untuk diterapkan dala kehidupan sehari-hari. (dok.windhu)

Alangkah nikmat ibadah bulan Ramadan 
Sekeluarga, sekampung, senegara Kaum muslimin dan muslimat se dunia 
Seluruhnya kumpul dipersatukan 
Dalam memohon ridho-Nya-- (Bimbo, Setiap Habis Ramadan)

Ramadan memang punya magis. Satu-satunya bulan yang terasa beda dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Banyak hal bisa didapatkan dalam bulan suci yang sepanjang hari berisi ibadah. Tak hanya diri sendiri yang melakukannya, tapi juga sekeluarga, sekampung, dan senegara.

Setidaknya, seperti halnya lirik lagu lawas Bimbo, Setiap Habis Ramadan, yang kali ini membuat  saya benar-benar merasa terhanyut dan kehilangan.  Entah kenapa, serupa dalam bait lagu itu, ada rasa cemas yang muncul. Sebab, hanya saat ramadan, rasa kebersamaan lebih mengemuka.

Setiap habis Ramadhan 
Hamba cemas kalau tak sampai 
Umur hamba di tahun depan 
Berilah hamba kesempatan

Ya, ramadan  kali ini buat saya memang berbeda. Tidak ada lagi ada ramadan bersama ayah, yang belum dua bulan pergi menghadap Illahi. Kepergian itu menyadarkan jika betapa berharganya ramadan itu saat kakak mengucapkan,"Tidak menyangka ramadan dan lebaran tahun kemarin yang terakhir untuk ayah."

Baiklah tak usah diperpanjang. Sekedar pembuka karena tulisan ini bukanlah kisah sedih. Semua sudah diikhlaskan kepada Yang Maha Kuasa. Catatan terpentingnya, ramadan memang luar biasa istimewa.

Sehingga, sangat sayang sekali  andai ramadan berlalu dengan sia-sia. Manusia tidak pernah tahu usia yang tersisa dan itu tidak hanya berlaku untuk yang sudah berusia lanjut. Untuk siapapun yang bernyawa

Nah, berkaitan dengan Ramadan, ada sejumlah inspirasi yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah ramadan. Apa saja, bisa disimak di bawah ini. 

Semangat untuk memperbanyak ibadah saat bulan ramadan, menginspirasi untuk dilakukan pada bulan yang lain. (dok.windhu)
Semangat untuk memperbanyak ibadah saat bulan ramadan, menginspirasi untuk dilakukan pada bulan yang lain. (dok.windhu)

Semangat  Ramadan yang Menginspirasi : 

1. Komitmen

Ramadan mengajarkan untuk berkomitmen menjalankan rangkaian ibadah selama satu bulan penuh, selain salat wajib 5 waktu.Ibadah ramadan itu berupa Puasa, salat tarawih, salat tahajud, mengaji,  menyiapkan makanan berbuka dan makanan sahur, bersedekah, dan lainnya.
Dalam ramadan, komitmen itu tidak tertulis. Namun umat Islam yang baik akan mengerjakannya dengan penuh ketaatan. Bahkan, sejak awal ramadan tanpa diminta dan dengan kemauan sendiri, sudah membuat target capaian, misalnya mengaji sampai khatam. 

2. Kejujuran

Siapa yang tahu seseorang sedang berpuasa? Hanya  Allah dan diri sendiri yang tahu. Di bulan ramadan, saat orang ikut sahur dan ikut berbuka puasa, orang akan menganggap seseorang pasti sedang menjalankan ibadah puasa,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN