Mohon tunggu...
Riap Windhu
Riap Windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Dapat dihubungi di email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Salawaku, Sebuah Pencarian Berbalut Keindahan Alam di Pulau Seram

24 Februari 2017   12:45 Diperbarui: 24 Februari 2017   19:03 1077 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salawaku, Sebuah Pencarian Berbalut Keindahan Alam di Pulau Seram
Sawalaku dan Saras dalam sampan di perairan Pulau Seram yang indah dalam film Salawaku (sumber:trailer filmSalawaku)

Travel brings power and love back into your life.

- J Rumi -

Benarlah setidaknya yang disampaikan oleh penyair sufi Rumi. Perjalanan dapat mengembalikan kekuatan dan cinta dalam hidup. Banyak hal yang bisa ditemui sepanjang kaki melangkah, membangkitkan senyum, dan keberanian saat bertemu dengan orang-orang baru.

 Dengan perjalanan, secara perlahan luka dapat sembuh. Terlebih bila bertalian dengan sebuah peristiwa pahit, yang menempatkan posisi perempuan pada titik lemah akibat tekanan sosial dan pandangan masyarakat adat.

Semua itu tergambar dari tayangan film berjudul Salawaku. Perjalanan masing-masing dari para tokoh dalam film Salawaku yang akhirnya mempertemukan mereka, ternyata mampu mengobati luka. Keindahan alam Pulau Seram, Ambon melengkapi kesembuhan yang berawal dari sebuah pencarian.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Film dibuka dengan pemandangan langit Pulau Seram masih gelap ketika seorang perempuan dengan wajah bergetar, terisak, dan berlinang air mata, menaiki sampan. Berteriak-teriak sendirian di tengah lautan. Kecipak air laut membasahi sampan kecil yang didayungnya. Kontras dengan keindahan alam yang tampak terbentang.

Suatu pagi, di sebuah sekolah dasar di dusun kecil Pulau Osi. Seorang anak lelaki berusia 10 tahun terlibat perkelahian dengan kawannya hingga harus dilerai para guru. Salawaku (Elko Kastanya) yang masih menggunakan seragam sekolahnya tidak menerima olok-olok kawan.

Bocah sepuluh tahun ini pun merasa bingung. Tiba-tiba saja harus kehilangan Binaiya (Raihaanun), satu-satunya kakak perempuan yang dimilikinya. Kakaknya pergi begitu saja tanpa ada pesan. Padahal kedua orang tua sudah tiada.

 Mencari Binaiya

Salawaku yang kerasa kepala dan agak badung tak ingin hidup sendirian atau tinggal bersama orang lain. Pada suatu malam, Salawaku mencuri sebuah sampan milik pemuka adat. Tekadnya bulat. Ingin mencari Binaiya, yang diketahuinya berada di Piru, ibukota Seram Barat.

Keindahan pantai berpasir putih (trailer film Salawaku)
Keindahan pantai berpasir putih (trailer film Salawaku)
Dalam perjalanan dengan menggunakan sampan kecil itu, Salawaku bertemu dengan Saras (Karina Salim) di sebuah pantai. Seorang perempuan muda menjelang usia 20 tahun itu sendirian. Tak tega melihatnya tersesat, Salawaku menawarkan bekal makanan yang dibawanya untuk mencari Binaiya. Namun, Salawaku kemudian kesal karena bekal makanannya dihabiskan oleh Saras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x